Sukses

Go-Global Alumni Perikanan dan Kelautan IPB

Melemahnya ekonomi Nasional Terjadi Karena Lambatnya Pertumbuhan Dari Sektor Riil Penyumbang Pendapatan Negara

Liputan6.com, Jakarta Melemahnya ekonomi nasional terjadi karena lambatnya pertumbuhan dari sektor riil penyumbang pendapatan Negara, salah satunya perikanan dan kelautan. Para pemikir, pekerja terutama alumni dari Perikanan dan Kelautan IPB meyakini betul bahwa sektor ini menjadi salah satu andalan ekonomi nasional. 

Pernyataan ini mengemuka saat pelantikan pengurus baru HA-FPIK Periode 2016-2020 oleh Ketua yang baru Ir.Abdul Aziz, MBA di Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan IPB yang juga merupakan Komisaris Bank Mandiri ini.

Pengukuhan ini juga dihadiri lebih dari 60 pengurus baru HAFPIK dan alumni FPIKIPB di antaranya Mantan Menteri BUMN Ir Mustafa Abubakar MM. Asumsi optimis, dengan rata-rata pertumbuhan 7% per tahun, maka tahun 2030 kontribusi sektor perikanan dan kelautan diharapkan mencapai
US $ 40 Juta (MGI, 2012).

Kajian ini seolah menjadi patokan (benchmark) bagi Kementerian Kelautan dan Perikanan untuk segera berbenah menuju 2015. Kenapa? Karena tahun 2016 adalah momentum untuk memastikan apakah sektor perikanan dan kelautan kita bisa lebih baik atau malah makin terpuruk.

Asean summit yang baru saja dilaksanakan telah mendorong lahirnya pemikiran mengenai masyarakat ekonomi Asean “ASEAN Economy Community (AEC)”.  Blueprint AEC mengusung label ekonomi (economy brand) bahwa Asean menjadi kawasan ekonomi terbuka dengan moto 'Satu pasar dan produk dari negara-negara Asean' termasuk perikanan dan kelautan yang telah dimulai tahun 2013.

Persaingan global menuntut berbagai persyaratan dan kompetensi sumber daya manusianya. Untuk itu HA FPIK sebagai penghimpun sumber daya manusia terdidik akan segera memposisikan diri menjadi sebuah organisasi yang siap tampil menyambut MEA dan Globalisasi. 

Untuk itu HA FPIK akan memperkuat skill alumni melalui penguatan kompetensi dan keahlian terampil yang adaptive untuk pembangunan Perikanan dan Kelautan. Dalam kesempatan itu juga dirumuskan beberapa program strategis diantaranya pembentukan dewan pimpinan wilayah, pembinaan alumni baru untuk mendorong enterpreunership bidang perikanan dan kelautan.

Dalam penguatan eksistensi kemasyarakatan juga akan diupayakan program penguatan peran alumni melalui pendidikan bagi putra putra terbaik yang ada dipulau-pulau kecil dan pesisir. 

Dalam rangka menyambut Dies Natalis IPB, HA akan bekerjasama dengan Fakultas mensukseskan acara hari “Ruaya” yaitu event untuk expo perikanan dan kelautan serta ajang temu alumni. Dengan ini diharapkan alumni FPIK IPB akan semakin guyub dan mampu berkontribusi nyata bagi perikanan dan kelautan Indonesia.

Penulis :

Dr. Yonvitner, SPi, M.Si - Kepala Bagian Humas & Promosi HA FPIK

 

Jadilah bagian dari Komunitas Campus CJ Liputan6.com dengan berbagi informasi & berita terkini melalui e-mail campuscj6@gmail.com serta follow official instagram @campuscj6 untuk update informasi kegiatan-kegiatan offline kami.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini