Sukses

Ini 5 Cara Makan yang Bikin Tubuh Tidak Makin Gemuk

Untuk menjaga berat badan ideal dan terhindar dari diet yoyo, lima aturan makan ini perlu diperhatikan.

Liputan6.com, Jakarta “Saya sudah terbiasa makan dengan pola yang berantakan. Apa yang terasa enak di mulut atau terlihat menarik di mata, pasti saya lahap, ” keluh Ricky (27) memiliki yang memiliki bobot tubuh 125 kg, sebagaimana dikutip dari lighthouse-indonesia.com.

Tak bisa dipungkiri, penurunan berat badan butuh komitmen kuat. Umumnya berat badan bergantung kepada energi yang dilepaskan saat beraktivitas. Berat badan bisa turun jika asupan makanan kurang dari energi yang dilepaskan. Namun informasi yang dimiliki tentang program diet saja tidak cukup, sehingga diet yang dijalani sendiri gagal bila tanpa pertolongan pihak lain.

Perilaku diet yang menyebabkan berat badan tidak stabil, dikenal sebagai diet yoyo. Penyebutan ini identik dengan permainan yoyo, yang naik dan turun. Untuk memantau perubahan tingkah laku dan penguatan kontrol diri terhadap program diet yang dijalani, dibutuhkan peran psikolog sebagai pendamping dari sisi psikologis pasien diet.

Berbicara dalam Healthy Talkshow lightHOUSE Indonesia bersama Forum Liputan6 di Gedung SCTV Tower, Selasa (24/5/2016) , psikolog Tara de Thours, B.A, M.Psi, menyinggung diet yoyo ini. "Turun berat tanpa kontrol diri akan berakibat diet yoyo. Perubahan jangka panjang untuk diet yang berhasil harus dengan menguatkan kontrol diri," ujar psikolog cantik ini.

Agar diet berhasil dan tidak mengikuti pola diet yoyo, berikut 5 aturan makan yang bisa diikuti :

1. Makan dengan mendengarkan sinyal perut

Menurut dr. Grace Judio, MSc, MH, CHt sebagai pendiri klinik lightHOUSE Indonesia, makanlah saat Anda merasa lapar dan berhentilah saat Anda merasa kenyang. Jadi jangan sampai Anda kelaparan, apalagi kekenyangan. Hal ini pula yang disarankan dr. Grace pada Presiden Jokowi saat melakukan “lobi meja makan”.

Simak empat Aturan Makan Agar Tidak Bikin Tubuh Makin Gemuk lainnya dengan meng-klik tautan berikut ini.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.