Sukses

Wanita-wanita Ini Sumbangkan Rambut Panjangnya untuk HIV/AIDS

Perempuan-perempuan berambut panjang di Cina ini berencana menyumbangkan rambut panjang mereka untuk kepedulian HIV/AIDS

Liputan6.com, Jakarta - Sekelompok perempuan di Cina membiarkan rambut mereka tumbuh panjang bak Rapunzel untuk mengkampanyekan kesadaran HIV. Nantinya, rambut mereka akan digunting dan dijual untuk kampanye tersebut. Rombongan yang beranggotakan delapan orang itu panjang rambutnya rata-rata 3,5 meter.

Kelompok wanita ini telah mengunjungi Cina timur untuk membantu menyadarkan penduduk pentingnya peduli akan kesehatan mereka. Para wanita ini telah memelihara rambut mereka lebih dari 20 tahun dan berasal dari beberapa provinsi di Cina.

Mereka mengaku tidaklah mudah mempertahankan rambut panjang mereka. Tapi tujuan mereka memang untuk mempromosikan keindahan tradisional Cina untuk dunia. Menumbuhkan rambut sepanjang itu memang tradisi kuno etnis Cina, termasuk orang-orang Yao dari Huangluo.

dailymail 

Seperti dilansir dari Daily Mail, Kamis (26/05/2016), rambut hitam panjang merupakan tanda kesehatan dan kesejahteraan. Di tempat mereka, wanita hanya mencuci rambut mereka sekali tiap bulan.

HIV/AIDS merupakan topik yang kontrovesial di Cina. Penderita akan dijauhi oleh lingkungan dan bahkan keluarga mereka. Ketakutan masyarakat di sana telah masuk tahap tidak masuk akal. Karena itu, wanita-wanita berambut panjang itu merasa penting untuk mengampanyekan kepedulian terhadap penderita HIV/AIDS.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.