Sukses

Kolom: Jangan Ada Dusta di Antara Kita

Ada satu pola budaya yang menarik, yaitu budaya jujur.

Liputan6.com, Jakarta Chicago, Mei 2016

Siapa sih yang enggak suka sama namanya wiken. Kalau udah masuk hari Jumat, yang namanya bete, kesel atau capek yang luar biasa itu keganti sama excitement menuju hari-hari bebas sedunia! Dan kalau dah masuk Jumat malam itu rasanya pengin jam itu muternya lambattttt! Enggak relaaaa kalau jam wiken cepat-cepat habis…hihihi

Sama halnya ama daku…jangankan dari Jumat, wong kalau daku masih Kamis aja rasa bahagia menuju wiken udah keluar, ga cuman excited menuju wiken tapi campur dengan segala rencana di wiken yang udah terencana dengan baik, soalnya buat daku every single minute itu berharga banget kak! Nah… semenjak daku tinggal di Negara Paman Sam, wiken itu selalu daku jadiin waktu ngabur berkunjung ke kota lain, atau kumpul kumpul sama temen-temen internasionalnya.

Nah, kalo lagi “me-time” nya nongol… Daku bisa cuman diem di kamar nonton tivi, dan kalo keluar cuman pas mau olah raga, biasanya lari, jalan kaki keliling kota sampe keringetan, atau baca buku di taman taman kota. Refreshing dan rileks!

Hari minggu kemarin pun daku seperti biasa lari sore keliling kota Chicago biar lemak-lemak di badan daku pun pada ngabur #ngarep. Dan seperti biasa daku pun lari dengan rute pinggir sungai Chicago yang tsyaantikkkk ituh kak! Secara niat daku ga cuman buat cari keringet tapi sekalian cuci-cuci mata siapa tau ketemu jodoh #eaaaaa!

Nah ada satu kebiasaan daku tiap lari buat bawa kartu kredit, ATM atau uang selembar (pilih salah satu) biar kalo daku haus atau lapar tiba tiba gampang ga usah repot tinggal mampir ke toko… kadang kalo ada sale depan toko pun daku suka melipir bentar hihihi #emangdoyanbelanja!

Nah, minggu kemaren daku lari sambil bawa kartu kredit… kali ini daku lari 5 kilo dan langsung balik ke rumah tanpa belanja atau stop beli minum. Dan pas sampe rumah, daku pun baru sadar kalo kartu kredit daku ilang! Walau udah daku simpen di flip belt daku yang super aman itu. Daku pun mikir keras; dimana yaa ilangnya? Hmmm *berpikirkeras!

Ngomong-ngomong soal barang ilang, jatuh, atau kelupaan nyimpen.. Daku tuh termasuk juara! Sering banget soalnya kak dah kaya jadwal rutin, kaya cukur rambut! Hihihi. Dari yang namanya ilang atau kacamata jatoh, dompet ketinggalan di taksi, atau pesawat, sering banget juga ilang ear phone, handphone charger yang biasanya ketinggalan di kamar hotel atau di kereta. Ah saking seringnya, daku suka punya dua barang yang sama – just in case satu ilang, daku masih ada satu lagi! Hihihi

Balik ke kartu kredit yang ilang karena jatoh somewhere itu… akhirnya daku putusin buat ngulang balik rute lari daku daripada telpon bank buat tutup dan minta kartu baru yang kebayang ribet plus nunggu nya bisa lama!

Nah, daku sisir balik pinggir sungai.. dan TADAAA! Abis jalan 2 kilo dari rumah, akhirnya ketemu itu kartu kredit masih anteng di jalan yang cukup rame orang dan kendaraan lewat tapi ga ada yang ngambil… Rejeki anak soleh!!!! Amien…. Ternyata jaatohnya di lokasi dimana daku suka ambil foto selfie sambal lari! #ketauan hihi … Akhirnya daku pun balik rumah penuh kegirangan… Alhamdulillah!

One thing yang consistent dari cerita kehilangan atau ketinggalan barang selama hidup di Amerika itu adalah selalu balik barangnya ke daku… Entah dibalikin melalui pos, disimpenin di kantor hotel, kantor stasiun kereta, atau kantor terdekat dari lokasi kehilangan barang… Ada satu pattern budaya yang menarik… Yaitu budaya Jujur.

Budaya yang kadang kita liat simple, tapi penting sangat!

Budaya yang menurut daku perlu kita contoh… Dan patut kita tanamkan dari kecil walau berbeda latar belakang, atau pun beda agama sekalian. It doesn’t matter. Kalo daku kupas lebih dalam lagi… Sebelum memulai kejujuran dengan orang lain atau komunitas disekitar kita. Coba kita mulai dengan jujur dulu terhadap diri kita sendiri… Be true to who we are  Nah, kalo kita udah bisa jujur terhadap diri kita sendiri.. enak banget buat jalanin hidup jujur dengan orang lain dan lingkungan kita… Soalnya hidup jujur itu nikmat, ga beban dan membawa berkah kak!

In the end… Honesty is a way of life, that’s what matter the most.

#Jujurituindah #Peace #YukMulaiJujur #Startfromyourself

• Rizal is based in Chicago, USA. He is not a formal writer, butheis social and lifestyle observer, foodie, and an avid global traveler. Also, he has his own diary where he can express his thoughts freely. • Rizal profile could be seen in www.rizalhamdallah.com

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.


**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini