Sukses

Mengharukan, Aksi Peduli Bantu Bencana Sinabung

Liputan6.com, Jakarta Relawan RZ (Rumah Zakat) cabang Medan bersama Cita Sehat Foundation (CSF) menggelar Aksi Siaga Sehat untuk pengungsi Sinabung di Desa Suka Nalu, Kec. Naman Teran, Kab. Karo, Sumatera Utara. Jumlah penerima manfaat akibat letusan Gunung Sinabung pada Sabtu (21/5) ini sebanyak 150 orang.

Aksi Siaga Sehat merupakan salah satu wujud kepedulian kepada warga terdampak erupsi Gunung Sinabung. Abu vulkanik menyelimuti beberapa wilayah di Karo diantaranya Kecamatan Berastagi, Simpang Empat, dan Naman Teran.

Aksi Siaga Sehat merupakan salah satu wujud kepedulian kepada warga terdampak erupsi Gunung Sinabung.

Dalam kesempatan tersebut, para relawan RZ juga melakukan assessment kebutuhan pengungsi untuk Aksi Peduli Sinabung berikutnya. “Rencananya kami akan mendirikan 9 posko pengungsian untuk pelayanan kesehatan, penyaluran kebutuhan air untuk membersihkan rumah-rumah warga serta jalanan, masker bagi warga terdampak terutama wanita dan anak-anak, penyaluran Al Qur’an, serta trauma healing,” papar Sugi, Relawan RZ cabang Medan, Rabu (25/5).

Selain mengadakan Aksi Siaga Sehat di Medan, relawan RZ juga melakukan Aksi Peduli Bencana banjir bandang di Kp. Cihideung, Desa Sukakerti, Kec. Cisalak, Kab. Subang, Jawa Barat, Selasa (24/5). Aksi yang dilakukan diantaranya membersihkan lokasi bencana pasca banjir bandang, serta mengadakan kegiatan belajar dan bermain bersama anak-anak terdampak.

Aksi Siaga Sehat merupakan salah satu wujud kepedulian kepada warga terdampak erupsi Gunung Sinabung.

Akibat dari banjir bandang yang terjadi pada Minggu (25/5) tersebut, sebanyak 6 rumah rusak berat, 2 rumah rusak ringan, 5 orang meninggal dunia, 6 orang luka berat, 2 orang luka ringan dan 388 orang mengungsi.

“Saat ini warga banyak membutuhkan bantuan berupa family kit, perlengkapan sekolah, pakaian anak usia 3-6 tahun, sandal, perlengkapan untuk membersihkan lokasi, serta pendampingan anak-anak untuk belajar dan bermain,” ujar Surianto, Ketua Relawan Nusantara.

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.