Sukses

Yuk, Dukung Pendidikan Dasar Anak Melalui GNOTA

Tanggal 29 Mei menjadi penanda kelahirkan Gerakan Nasional Orang Tua Asuh (GNOTA). Tahun ini genap GNOTA melayani pendidikan negeri ini.

Ciapan Mifta L.Dani dari akun ‏@miftaldanii diatas terkesan sederhana. Namun dari 22 kata itu tersirat kondisi pendidikan dasar di Indonesia. Pendidikan dasar menjadi fondasi anak-anak untuk bertumbuh kembang menghadapi masa depan. Secara nasional, pemerintah Indonesia menetapkan Wajib Belajar Pendidikan Dasar 9 Tahun sejak 20 tahun yang lalu pada 1996.

Bulan Mei ini tak hanya menjadi penanda 20 tahun ditetapkan wajib belajar pendidikan dasar. Tanggal 29 Mei juga menjadi penanda kelahiran Gerakan Nasional Orang Tua Asuh (GNOTA). Sedari awal Gerakan Nasional Orang Tua Asuh bertujuan untuk menggerakkan kesadaraan masyarakat dalam mencapai tujuan pendidikan di Indonesia.

"Sudah 20 tahun, GNOTA telah berhasil membagikan lebih dari 2.3 juta paket untuk anak-anak yang berasal dari keluarga kurang mampu demi melanjutkan pendidikan Sekolah Dasar sampai Sekolah Menengah Pertama di seluruh Indonesia," ujar Gendis St.H. Wicaksono selaku Ketua Pengurus Yayasan Lembaga Gerakan Nasional Orang Tua Asuh GNOTA kepada Liputan6.com, Kamis (26/05/2016).

Paket bantuan untuk anak keluarga kurang mampu berupa seragam sekolah, sepatu, buku, pena dan pensil, tas sekolah dan berbagai kebutuhan pribadi anak untuk bersekolah sehingga anak-anak dapat lebih fokus belajar.

Yayasan Lembaga GNOTA membantu untuk menutupi kebutuhan pribadi anak, dengan indeks Rp 250,000 / tahun / anak untuk anak Sekolah Dasar dan Rp 300,000 / tahun / anak untuk anak Sekolah Menengah Pertama, termasuk biaya operasional. Bantuan ini diharapkan bisa mengurangi beban orang tua si anak dari keluarga tidak mampu tersebut.

"Ini merupakan tugas kita untuk memberikan mereka fondasi yang kuat demi masa depan mereka yang cerah dan menggaransi kelangsungan mereka untuk meraih pendidikan dasar 9 tahun," pungkasnya.

Dari data terkini di situs Sejak berdirinya, GNOTA telah mendistribusikan 2,3 juta paket bantuan pendidikan dan donasi uang untuk membantu anak-anak dari keluarga kurang mampu agar mereka dapat terus bersekolah dan menuntaskan pendidikan dasarnya.

Kini, saatnya bersama-sama membantu anak-anak Sumbawa dan Indonesia terus menuntuk ilmu sebagai fondasi hidup di masa depan.

Untuk keterangan lebih lanjut hubungi Lembaga Gerakan Nasional Orang Tua Asuh GNOTA yang beralamat di Gedung Kantor Taman A9 Unit D , Jl. DR. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8,9 / A9, Kawasan Mega Kuningan - Jakarta Selatan 12950 dengan nomer telepon 021-3900.900

Media sosial dan situs yang bisa dikunjungi melalui www.gnota.or.id, Facebook: Yayasan Lembaga Gerakan Nasional Orang Tua Asuh – GNOTA, Twitter dan Instagram: @Yayasangnota

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini