Sukses

Penampakan UFO di Wilayah Indonesia, Seperti Apa?

UFO atau BETA UFO menjadi fenomena fiksi dan non-fiksi. Namun, di Indonesia mencatat fenomena UFO dari tahun 1959.

Liputan6.com, Jakarta - Penampakan benda aneh terbang (UFO) dilaporkan terjadi di berbagai belahan dunia, beragam rekaman penampakan UFO juga banyak diunggah melalui situs berbagi video. Namun bagaimana dengan fenomena UFO di Indonesia?

"Dalam catatan kami, UFO dilaporkan muncul di kepulauan Alor pada Juli 1959, " kata Handy Fernandy dari Komunitas BETA UFO kepada Liputan6.com saat berbincang tentang fenomena UFO di Redaksi Liputan6, Sabtu (28/5/2016).

BETA UFO adalah sebuah komunitas yang mengamati Unidentified Flying Object (UFO) di Indonesia. BETA merupakan singkatan dari Benda Terbang yang Aneh. Kata BETA merupakan akronim yang dicetuskan oleh mantan Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Marsekal Muda TNI (Purn) Raden Jacob Salatun.

"Fenomena UFO yang muncul di Alor dikategorikan sebagai CE-V, yakni adanya komunikasi atau kontak dengan alien," lanjutnya. Dalam lembar presentasi lain yang disusun Nur Agustinus dari komunitas yang sama, peristiwa ini dilaporkan oleh Alwi Alnadad, kepala polisi wilayah kepulauan Alor waktu itu kepada J. Salatun yang saat itu masih menjabat sebagai ketua LAPAN.

Sedangkan foto yang mengabadikan fenomena UFO di Indonesia, tercatat diambil di lepas Pantai Cilamaya, Jawa Barat. Seperti apa foto dan penampakan UFO di Jawa Barat? Simak di tautan berikut ini.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini