Sukses

Institut Pertanian Bogor Gelar Kompetisi Jurnalis Muda

IPB Youth Journalis memiliki konsep yang berbeda dari tahun sebelumnya.

Campus CJ, Jakarta- IPB Youth Journalis (IYJ) 2016 merupakan salah satu agenda yang diselenggarakan oleh Kementrian Komunikasi dan Informasi Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM KM) Institut Pertanian Bogor yang bertujuan untuk memfasilitasi dan mencari bibit-bibit jurnalis muda yang ada di Institut Pertanian Bogor. Tahun 2016, IYJ memiliki konsep yang berbeda dari tahun sebelumnya, yaitu melakukan lomba di tiga bidang jurnalistik serta memberikan pelatihan kepada peserta lombanya sebelum mereka membuat karya. Ketiga bidang tersebut adalah Fotografi Essai, Desain Poster, dan Videografi dalam bentuk public service announcement. Tema yang diangkat pada kegiatan kali ini adalah Urban Science yaitu isu-isu perkotaan yang ada di Kota Bogor, seperti Lingkungan, Transportasi, Infrastruktur, dan Tempat Wisata.

Pelatihan cabang lomba Fotografi Essai dan desain poster telah selesai dilaksanakan pada hari Sabtu, 14 Mei 2016. Pelatihan dilaksanakan di RK IKK 1 IPB untuk cabang lomba Fotografi Essai dan RK IKK 2 IPB untuk pelatihan Desain Poster dalam waktu yang serempak, yakni dari mulai pukul 08.30. Pelatihan diikuti oleh peserta lomba sebanyak 11 grup atau 22 orang pada cabang Fotografi Essai dan sebanyak dua orang pada cabang desain poster. Selain peserta lomba, anggota BEM media pun ada yang mengikuti pelatihan pada kedua cabang pelatihan. Kegiatan berlangsung dengan lancar dan selesai sesuai dengan waktu yang direncanakan. 

Pelatih memberikan materi dengan cukup menarik, sehingga antusias peserta cukup tinggi. Pada cabang Fotografi Essai, peserta yang telah dibekali materi mempraktikkan secara langsung materinya tersebut dengan hunting foto di sekitar tempat pelatihan. Setelah itu, hasil foto peserta dievaluasi oleh pemateri di dalam kelas. Pada pelatihan desain poster, pelatih memberikan banyak ilmu terkait desain, artistik, dan kaidah dalam membuat suatu poster yang baik. Terhitung dari tanggal 14 Mei 2016, peserta diberikan waktu untuk membuat karya yang akan dilombakan dan dikumpulkan maksimal tanggal 25 Mei 2016 untuk cabang lomba Fotografi Essai dan desain poster.

Selain itu, pelatihan videografi Public Service Announcement pun telah selesai dilaksanakan di minggu yang berbeda, yaitu tanggal 22 Mei 2016 di Green TV. Pelatihan videografi ini dilaksanakan melalui kerja sama dengan Green TV IPB. Pelatihan dimulai dari pukul 09.00-17.30 dengan jumlah peserta sebanyak 30 orang. Pelatihan dibagi menjadi tiga sesi. Sesi pertama yakni pemberian materi berupa teknik pengambilan gambar hingga pukul 10.30.

Selanjutnya, sesi kedua ialah grup coaching dari Green TV untuk praktik produksi dari materi yang telah disampaikan. Sesi kedua ini berjalan cukup lama, yakni mulai pukul 10.30 hingga sore hari karena terdiri atas berbagai rangkaian kegiatan dari mulai pengonsepan ide, pengambilan gambar, pengeditan, penampilan video, hingga pemberian komentar. Pada sesi terakhir, yakni sesi ketiga peserta mempresentasikan ide atau gagasan berupa storyboard video yang akan diproduksi untuk perlombaan. 

Pada 3-4 Juni, IPB Youth Journalist akan bekerja sama dengan Emtek Goes to Campus untuk menyelenggarakan road show berupa acara, seminar, dan pelatihan jurnalistik yang akan diisi pula dengan pengumuman pemenang untuk ketiga cabang lomba IYJ 2016. Di puncak acara, peserta yang berhasil masuk tiga besar akan mendapat reward berupa kunjungan media visit ke SCTV pada tanggal 8 Juni 2016. Nantikan rangkaian IYJ 2016 yang lainnya ya!

Penulis:

Panitia IPB Youth Journalist 2016

Jadilah bagian dari Komunitas Campus CJ Liputan6.com dengan berbagi informasi & berita terkini melalui e-mail : campuscj6@gmail.com serta follow official Instagram @campuscj6 untuk update informasi kegiatan-kegiatan offline kami.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini