Sukses

Enam Manfaat Masturbasi bagi Kesehatan

Meskipun lekat dengan berbagai mitos, masturbasi memberikan beberapa manfaat. Berikut enam manfaat dari kegiatan masturbasi.

Liputan6.com, Jakarta Tak dimungkiri, masturbasi lekat dengan berbagai mitos. Mitos masturbasi itu di antaranya menyebabkan kebutaan, kemandulan, hingga lutut keropos.

Dilansir dari Independent, berdasarkan survei yang dilakukan di Amerika Serikat, sebanyak 94% pria rutin melakukan masturbasi, sementara itu 85% wanita melakukannya.

Lalu bagaimana masturbasi yang sehat? " Masturbasi yang sehat adalah masturbasi yang tidak membuat Anda menghentikan kegiatan sehari-hari hanya untuk melakukan masturbasi, " kata Zoya Amirin M.Psi, psikolog seksual, kepada Liputan6.com.

"Namun untuk pasangan yang sudah menikah, bila lebih menikmati saat-saat masturbasi dibanding aktivitas seks dengan pasangan, maka itu merupakan tanda relationship yang sudah tidak sehat," ujar psikolog cantik ini.

Berikut enam manfaat sehat masturbasi bagi pria dan wanita :

1. Bagi wanita, dapat membantu mencegah infeksi serviks dan infeksi saluran kemih

Melalui proses tenting atau pembukaan serviks yang terjadi pada vagina sebagai bagian dari proses gairah seks. Masturbasi memungkinkan sirkulasi cairan vagina, membuat cairan serviks penuh bakteri akan keluar.

Simak manfaat lain dari masturbasi dengan meng-klik tautan ini.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.