Sukses

Lotte Reiniger Sutradara Film Animasi dan Karyanya

Lotte Reiniger seorang sutradara film bernama lengkap Charlotte Reiniger dengan panggilan Lotte menjadi topik perbincangan netizen hari ini.

Liputan6.com, Jakarta Lotte Reiniger, memiliki nama lengkap Charlotte 'Lotte 'Reiniger menjadi topik utama perbincangan netizen hari ini. Nama Lotte Reiniger muncul setelah siluet seorang wanita, dengan gerakan menggunting kertas untuk dijadikan berbagai obyek muncul pada laman utama Google, Kamis (2/6/2016). Siapa Lotte Reiniger, hingga Google membuat doodle khusus untuknya?

Lotte Reiniger lahir di Distrik Charlottenburg, Kota Berlin, Jerman pada tahun 1899. Sejak masih remaja, Lotte Reiniger gemar bereksperimen dengan berbagai obyek dari guntingan kertas dan membuat siluetnya untuk menghibur teman sekolahnya. Bila disederhanakan, yang dilakukan Lotte Reiniger mirip memainkan wayang.

Awalnya bercita-cita untuk menjadi seorang aktris, Lotte Reiniger belajar dengan Max Rheinhardt di Deutsches Theater Berlin sebelum fokus pekerjaannya sebagai animator. Dilansir dari Telegraph Kamis (2/6/2016), Lotte Reiniger membuat lebih dari 60 film animasi antara 1910-an dan 70-an, dimana sekitar 40 dikenang sebagai karya besarnya. Film animasi pertama Lotte Reiniger diberi judul Das Ornament des verliebten Herzens (alias The Ornament of the Enamoured Heart, 1919). Film animasi Lotte Reiniger ini mengisahkan kisah cinta sepasanga kekasih.

Lotte Reiniger diketahui memiliki ketertarikan akan cerita dongeng Eropa dan mitos rakyat, seperti Cinderella. Tak hanya film, Lotte Reiniger juga menjadi ilustrator buku. Salah satu karya penulis Roger Lancelyn Green, sebuah buku klasik tentang King Arthur yakni King Arthur and His Knights of the Round Table, mendapat sentuhan magis dari Lotte Reiniger.

Simak kelanjutan artikel tentang Lotte Reiniger dan kisahnya meninggalkan Jerman, yang merupakan tanah kelahiran nya dengan mengklik tautan ini.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.