Sukses

Kisah Pak Eko Penjual Bakso, Peraih Guru Kreatif Kemendikbud RI

Sosok guru matematika yang juga penjual bakso ini menginspirasi banyak orang dengan kisahnya

Liputan6.com, Jakarta - Belajar Matematika bagi sebagian siswa tingkat SMP sangat sulit, namun tidak demikian di tangan Drs Juli Eko Sarwono. Pria yang sudah mengajar selama 29 tahun ini berhasil menciptakan alat peraga untuk pelajaran Matematika. Berikut kisahnya.

Juli Eko Sarwono (53), Guru Matematika, SMP Negeri 19 Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah tidak pernah bosan dan lelah mengabdi. Hal itu ia buktikan ketika ia bekerja menjadi guru SMP di Purworejo, Jawa Tengah. Setiap hari Eko harus menempuh jarak 36 KM untuk bisa sampai di Sekolah SMP 19 Purworejo, Jawa Tengah.

Pekerjaan itu ia lakukan setiap hari dengan tujuan mengabdi dan rasa ikhlas mendidik. Pak Eko menegaskan, ia mulai mengajar sejak tahun 1985 di sekolah SMP Muhammadiyah Magelang. Setelah tiga tahun mengabdi di SMP Muhammadiyah, ia kemudian diangkat menjadi PNS dan ditugaskan di SMP 19 Purworejo, Jawa Tengah.

"Saya sudah 29 tahun mengajar. Saya senang, meski jauh tidak pernah saya mengeluh." Terang Eko.

Menurut Eko, pekerjaan apapun tidak akan terasa sulit jika dilakukan dengan rasa ikhlas dan senang hati. Pasalnya, dari pekerjaan itu ia akan mendapatkan kepuasan dan tanggung jawab. Bahkan, ia juga akan merasa terhibur jika sudah bertemu dengan murid. Kini berkat kerja keras Eko, sekolah SMP 19 telah mendapatkan pengakuan sebagai sekolah bertaraf nasional dengan berbagai prestasi, terutama soal Matematika.

"Sejak saya menciptakan kreatifitas dengan metode peraga, sekolah mendapatkan pengakuan dari dunia dan Mendikbud," terang Pak Eko.

Selengkapnya, baca langsung di sini

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini