Sukses

Demi Selamatkan Anjing, Orang Ini Rela Dibilang Murtad

Seorang pemuda beragama Sikh rela dibilang tak beriman lantaran menyelamatkan seekor anjing yang tenggelam di saluran irigasi, di Punjab

Liputan6.com, Jakarta Seorang pemuda beragama Sikh rela dibilang tak beriman lantaran menyelamatkan seekor anjing yang tenggelam di saluran irigasi, di Punjab, India. Pemuda bernama Sarwan Singh (28) itu tak keberatan melepaskan sorbannya untuk menarik anjing dari air.

Dilansir dari Metro.co.uk, ketika melihat seekor anjing yang tenggelam, Sarwan langsung bergegas menuruni tepi curam kanal. Tanpa berpikir panjang, ia lantas melepas sorban, salah satu benda paling suci di agama Sikh untuk menarik anjing tersebut.

Sarwan mengatakan, "Saya sedang berjalan di sekitar kanal. Saya melihat segerombolan orang di tepi kanal. Saya turun dari mobil dan melihat apa yang terjadi. Ternyata ada seekor anjing yang tenggelam dan orang-orang itu sama sekali tidak membantu," ujarnya menceritakan.

Sarwan yang tidak bisa berenang kemudian memutuskan melepas sorbannya untuk menarik anjing itu ke tepian. "Saya melepas sorban saya, orang-orang tampak terkejut. Mereka mengira saya telah melecehkan iman saya," ujarnya.

"Tapi apa yang penting pada saat itu adalah menyelamatkan nyawa hewan tersebut," ujarnya menambahkan.

Dalam agama Sikh, sorban adalah benda yang sangat suci. Memakai sorban merupakan bagian dari lima dasar pondasi keimanan. Para penganut Sikh hanya boleh melepas sorban hanya pada saat di rumah dan mandi.

Namun apa yang dilakukan Sarwan di luar dugaan. Kendati orang-orang memutuskan untuk tidak melakukan apapun, dengan sorbannya Sarwan berhasil menuruni tepi kanal dan menarik anjing tersebut.

"Anjing itu tampak lemas. Dia bahkan tak mampu datang ke arahku. Maka saya harus menariknya sekitar 200 meter, sebelum saya dapat membungkus lehernya dan menariknya ke tempat yang aman," katanya.

"Anjing itu ketakutan, jadi saya memutuskan untuk memberinya beberapa biskuit dan membiarkannya pergi," ujarnya menambahkan.

Berikut videonya

(War)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini


**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.