Sukses

7 Tips Sebelum Jual Ponsel agar Kamu Tidak Bangkrut

Ada beberapa hal yang harus Anda lakukan sebelum menjual ponsel yang Anda miliki agar tidak menyesal di kemudian hari. Apa saja?

Liputan6.com, Jakarta - Menjual ponsel yang Anda miliki adalah hal yang wajar. Tentu Anda ingin meningkatkan (upgrade) penampilan dengan menggunakan ponsel yang lebih canggih.

Namun, sebelum menjual ponsel yang Anda miliki, ada beberapa hal yang mesti lakukan agar Anda tidak menyesal di kemudian hari. Kesalahan yang Anda buat saat menjual ponsel ternyata bisa membuat Anda bangkrut, lho.

Berikut 7 hal yang mesti Anda lakukan sebelum menjual ponsel seperti dilansir dari Todayupfeed, Kamis (9/6/2016).

1. Hapus semua aplikasi

Kebanyakan aplikasi berisi informasi pengguna dan jika Anda tipe yang tidak ingin terlalu repot, biasanya Anda akan menggunakan ID dan password yang sama. Untuk menghindari penyalahgunaan, hapus semua aplikasi yang Anda miliki terlebih dahulu dalam ponsel sebelum menjualnya.

2. Log out dari Apple ID dan iCloud

Kebanyakan orang lupa untuk melakukan hal ini. Juga ingat untuk log out dari aplikasi email Anda sehingga tidak ada yang bisa mendapatkan akses ke inbox Anda.

3. Hapus foto secara manual

Meski factory reset dapat menghapus semua foto Anda di ponsel, ada baiknya Anda hapus sendiri secara manual foto-foto yang bersifat pribadi.

4. Back up iTunes

Untuk jaga-jaga, ada baiknya Anda mem-back up iTunes yang Anda miliki agar pikiran Anda lebih tenang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Back up iCloud

5. Back up iCloud

Membuat back up di iCloud amat berguna untuk melindungi data berharga Anda. Cukup buka di pengaturan lalu pilih auto-back up. Ini akan memudahkan Anda saat iPhone baru terhubung, Anda bisa mendapatkan informasi dengan cepat melalui internet.

6. Mengekspor nomor kontak

Ketimbang memindahkan satu per satu nomor kontak yang Anda miliki, akan lebih mudah mengekspor semuanya. Caranya log in iCloud.com>Kontak lalu pilih cadangan kontak dengan mengekspor mereka sebagai vCard. Dengan cara ini, Anda memiliki salinan kontak di komputer Anda.

7. Lakukan factory reset

Setelah semua hal tersebut dilakukan, agar tidak khawatir saat menjual ponsel Anda, lakukan factory reset. Hal ini akan menghapus informasi apapun yang tersisa dan menjadikannya seperti baru.

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.