Sukses

10 Hal yang Mesti Berhenti Dilakukan Jika Ingin Laptop Tahan Lama

Anda ingin laptop yang dimiliki bertahan lama? Berhenti lakukan 10 hal berikut ini

Liputan6.com, Jakarta - Saat Anda pertama kali membeli laptop, Anda akan merasa seperti anak paling bahagia di dunia. Namun, sebagian dari kita seperti tidak dapat menerima setelah beberapa bulan pemakaian, laptop yang dimiliki tidak lagi bekerja dengan baik.

Jangan langsung menyalahkan laptop yang Anda miliki. Bisa jadi, bagaimana cara Anda memperlakukan laptoplah yang membuat laptop Anda tidak bertahan lama.

Berikut 10 hal yang harus Anda berhenti lakukan jika ingin laptop tahan lama.

1. Memegang laptop di layarnya

Kita sering memperlakukan laptop kita seolah-olah ia benda yang paling tahan lama di planet ini. Namun, mengambil ataupun membawa laptop dengan memegang layarnya dapat menghancurkan bagian layar dan menambah tekanan pada engsel. Hal ini sudah tentu dapat merusak laptop yang Anda miliki. Sebaiknya, membawa laptop dengan memegang bagian dasarnya.

2. Meninggalkan laptop di tempat panas

Beberapa dari kita memiliki kebiasaan meninggalkan laptop di dalam mobil saat cuaca panas. Apa yang Anda lakukan, sesungguhnya dapat merusak prosesor laptop serta menurunkan daya tahan baterai Anda. Kondensasi juga dapat terjadi di dalam laptop yang menghancurkan laptop secara perlahan.

3. Meletakkan laptop dekat peralatan listrik

Melakukan hal ini dapat menyebabkan medan magnet antara laptop dan peralatan listrik di dekatnya. Konsekuensinya? Data dari hard drive laptop bisa saja hilang.

4. Menutup laptop dengan pulpen/pensil tertinggal di keyboard

Melakukan hal ini sudah tentu dapat merusak layar laptop serta keyboard. Layar laptop sangatlah rapuh. Jika tidak ingin layar laptop retak, hentikan kebiasaan ini.

5. Menutup laptop dengan keras

Seperti disebutkan, layar laptop amatlah rapuh. Membanting layar saat menutupnya dapat menyebabkan kerusakan parah pada layar.

6. Menyentak kabel cas dari laptop

Hal ini sering kita lakukan saat kita sedang terburu-buru. Melakukan hal ini dapat merusak port pengisian serta kabel cas itu sendiri. Perlakukan kabel cas laptop dengan baik seolah-olah merupakan bagian dari laptop itu sendiri.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menggaruk atau mendorong layar laptop

7. Menggaruk atau mendorong layar laptop

Menggaruk atau mendorong layar laptop dengan kasar saat membukanya sudah pasti dapat merusak layar laptop yang rapuh. Jika ada noda di layar laptop, hindari keharusan untuk menggaruknya. Sebaliknya, bersihkan dengan kain bebas serat.

8. Tidak menggunakan tas empuk saat menyimpan laptop

Ketika kita tidak menggunakan tas empuk atau case untuk laptop, kita telah mengambil risiko besar. Pada saat itu terjadi, laptop dapat menabrak dan memukul-mukul sesuatu yang Anda lalui. Hal itu dapat membuat kerusakan besar pada perangkat dan hard drive.

9. Meletakkan minuman dekat laptop

Kecerobohan dan kecelakaan kecil bisa terjadi kapan saja. Jangan sampai, minuman yang tumpah ke laptop membuat Anda menyesal kemudian.

10. Menempel stiker di laptop

Meski sedang tren, sebaiknya Anda pikirkan kembali tindakan yang satu ini. Menempelkan stiker di laptop dapat membuat laptop usang dan jelek (terlebih bekasnya) dalam jangka panjang.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini