Sukses

5 Film yang Bikin Sutradara The Conjuring 2 James Wan Bergidik

Liputan6.com, Jakarta Nama James Wan melejit berkat tangan dinginnya memoles deretan film horor kelas wahid di Hollywood. Selain The Conjuring (2013) dan The Conjuring 2 (2016), masih ada Saw (2004), Insidious (2011), Insidious: Chapter 2 (2013), Insidious: Chapter 3 (2015), dan Demonic (2015).

Film-film ini berhasil memancing keluar ketakutan mendasar manusia: kesepian, kesendirian, rasa terteror dan terintimidasi.

Namun, selain piawai membuat film-film seram, Wan juga memiliki daftar film yang berhasil membuatnya bergidik dan tidak bisa tidur. Film apa saja itu? Dilansir dari hollywoodreporter.com, simak lima film yang paling menakutkan versi James Wan.


1. The Other (2001)
Di deretan pertama terdapat film yang dibintangi Nicole Kidman, The Other. Film ini bercerita tentang wanita yang tinggal di sebuah rumah besar bersama anak2 dan para pembantu baru. Suatu hari muncul “penyusup” tak kasat mata yang meneror seisi rumah dan mengusik ketenangan para penghuni rumah tersebut.

The Other (1982)

Wan mengatakan, “Film Alejandro Amenabar dengan Nicole Kidman sebagai pemainnya itu berhasil menangkap, membuat sesuatu 'indah', sekaligus klasik. Ini benar-benar salah satu ‘lompatan' di malam terbaik untuk cerita hantu di zaman Victorian yang sangat berkomitmen untuk film."

2. Poltergeist (1982)
Di urutan kedua, terdapat Poltergeist. Film besutan Steven Spielberg ini bercerita tentang sebuah keluarga muda yang kedatangan “tamu tak diundang” di rumah mereka. Pada awalnya, si hantu muncul dengan ramah, tetapi lama-kelamaan teror terjadi. Si hantu menjadi jahat hingga “menculik” anak bungsu perempuan mereka.

Poltergeist (1982)

Film ini klasik dan akan selalu diingat orang sebagai salah satu film terseram yang pernah dibuat Hollywood. Tampaknya, James Wan sepakat dengan hal ini.

“Film ini sungguh menakutkan bagi saya ketika saya masih anak-anak. Film ini sekaligus membawa saya terobsesi pada hal-hal yang berkaitan dengan boneka setan. Film ini juga memiliki suara yang mengerikan,” kata James Wan.

1 dari 2 halaman

Selanjutnya

3. Lost Highway (1997)
Film ini masuk di urutan 3 film terseram James Wan. Lost Highway adalah film yang dibuat oleh Prancis dan Amerika, ditulis dan disutradarai oleh David Lynch. Lost Highway dibintangi oleh Bill Pullman dan Partricia Arquette.

Lost Highway (1997)

Kisah berawal dari sepasang suami istri Fred (Bill Pullman) dan Renee (Patricia Arquette) yang kerap mendapat kiriman rekaman rumah mereka yang sedang diintai. Misteri dan pembunuhan pun terjadi menghiasi film yang dikemas rumit dan agak membingungkan ini.
Mengenai film ini, James Wan berkomentar, “Ini adalah film non-horor paling seram: naratif terfragmen, dengan suara yang mengerikan dan berbahaya. Ini meningkatkan pengalaman menonton film klasik yang pernah dibuat David Lynch.”

4. Jaws (1975)

Jaws bercerita tentang teror yang dilakukan ikan hiu di Pulau Amity. Pulau ini menggantungkan perekonomian dari lautan dan wisata pantai. Suatu hari, serangan misterius terjadi pada wisatawan. Hal ini mendorong seorang kepala kepolisian untuk menutup pantai demi keselamatan warga. Teror demi teror terjadi dan digambarkan dengan apik oleh sutradara Steven Spielberg.

Jaws (1975)

Jaws memang bukan film pertama yang menjadikan hewan buas sebagai tokoh antagonis. Namun, untuk film tentang teror hiu, film ini bisa dibilang sebagai pionir. Hal ini pun diamini oleh James Wan.

"Jaws adalah film menciptakan ketakutan besar pada saya, keadaan berair yang asing. Film ini mengajarkan saya pada kekuatan pembuatan film yang penuh ketegangan (bersama setiap film Steven Spielberg lainnya) melalui pengambilan gambar, editing, musik, dan lainnya, " kata sutradara yang pernah tinggal di Malaysia itu.

5. Ringu (1998)
Film Jepang tahun 1998 ini menjadi film horor Asia paling menyeramkan. James Wan tampaknya setuju dengan hal itu. Saking populernya, Ringu digarap versi Hollywood-nya berjudul The Ring. Ringu bercerita tentang sebuah rekaman video yang bila ditonton, Anda wajib menyelesaikan misteri yang diberikan. Bila tidak, maka hantu rambut panjang berbaju putih bernama Sadako akan membunuh Anda.

Ringu (1998)

"Ringu mengingatkan kembali saya untuk mencintai cerita horor Asia, tempat di mana saya dibesarkan," ujar sutradara film The Conjuring dan The Conjuring 2 itu.