Sukses

Candi Sambisari, Pesona Tersembunyi Pemikat Hati

Candi Sambisari, candi tersembunyi di wilayah Sleman, Yogyakarta ini kalah tenar dibandingkan candi di Prambanan dan desa Borobudur.

Liputan6.com, Jakarta Dari sekian banyak tempat wisata yang ada di kota Yogyakarta, keberadaan Candi Sambisari belum banyak diketahui. Padahal lokasi Candi Sambisari ini dekat dengan wisata candi populer, CandiPrambanan. Berjarak sekitar 4 km ke arah selatan Candi Prambanan, Candi Sambisari berada di Dusun Sambisari, Purwomartani, Kalasan, Kabupaten Sleman,Yogyakarta.

Seperti kebanyakan candi yang ada di Yogyakarta, Candi Sambisari merupakan sebuah candi bercorak Hindu. Candi Sambisari diperkirakan dibangun pada abad ke-9 pada masa pemerintahan Raja Rakai Garung di era kerajaan Mataram Kuno. Dari bentuk bangunannya, candi ini tak jauh beda dengan beberapa candi lain di Yogyakarta. Bagian bawah Candi Sambisari berbentuk persegi empat, serta tedapat sebuah rongga di bagian candi untuk menyimpan arca.

Yang membedakan Candi Sambisari dengan candi-candi lain di kota Yogyakarta adalah letaknya yang berada di bawah permukaan tanah. Area di sekeliling Candi Sambisari dikelilingi oleh semacam dinding tanah berumput yang sangat indah. Lokasi Candi Sambisari berada tanah yang lebih rendah. Jadi, jika dilihat secara sekilas dari luar kompleks, lokasi Candi Sambisari seperti di sebuah stadion sepakbola dengan rumput-rumput sebagai tribunnya.

Sejarah singkat Candi Sambisari

Menurut catatan dokumentasi yang berada di ruang informasi kawasan kompleks Candi Sambisari, candi ini pertama kali ditemukan oleh seorang petani setempat pada tahun 1966. Candi ini ditemukan secara tidak sengaja ketika petani tersebut mencangkul tanah di kawah sekitar candi. Tak dinyana, cangkul yang digunakan untuk mencangkul sawah tersebut mengenai sebuah batu yang ternyata adalah Candi Sambisari. Setelah dilaporkan ke otoritas terkait, kemudian dilakukan penelitian lebih lanjut untuk mempelajari sejarah Candi Sambisari.

Simak keindahan tersembunyi pemikat hati Candi Sambisari, di Forum Liputan yang ditulis Aliko Sunawang menggunakan akun @sunawang dengan meng-klik tautan ini.

Artikel Rekomendasi

Anda Belum Berkunjung Ke Semarang Kalo Belum Kesini

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.