Sukses

Pohon Tertinggi di Dunia, Ada di Pulau Kalimantan

Peneliti Universitas Cambridge mengidentifikasi Meranti Kuning (Shorea faguetiana) setinggi 89 meter, menjadi yang tertinggi dari jenisnya.

Liputan6.com, Jakarta Meranti Kuning (Shorea faguetiana) yang tumbuh di bagian utara pulau Kalimantan ini diidentifikasi tim peneliti dari Universitas Cambridge sebagai yang tertinggi dari jenisnya. Tim yang dipimpin Dr. David Coomes mempublikasi ketinggian pohon liar ini mencapai 89,5 meter.

Sebagai pembanding tinggi pohon ini, Monumen Nasional atau Monas tercatat setinggi 132 meter. Sementara itu, Candi Borobudur di Provinsi Jawa Tengah memiliki tinggi sekitar 35 meter.

Dilansir melalui laman DailyMail, pohon ini berada di area konservasi hutan Maliau Basin, negara bagian Sabah, Malaysia, di Pulau Kalimantan. Meranti kuning ini melebihi tinggi pohon sejenis yang ditemukan sebelumnya di wilayah Taman Nasional Tawau, setinggi 88,3 meter.

Pohon meranti raksasa sedang diteliti oleh para ilmuwan dari University of Cambridge yang bekerja sama dengan Departemen Kehutanan Sabah. Dr David Coomes mengatakan, "Ini lebih tinggi dari rekor sebelumnya, yang membuatnya mungkin menjadi pohon tertinggi yang tercatat di daerah tropis."

Unding Jami, seorang ahli pohon dari Sabah, yang mengukur ketinggian pohon Meranti kuning itu mengatakan kesulitan saat memanjat batang pohon untuk mengukur ketinggiannya.

"Saya tidak punya waktu untuk mengambil foto menggunakan kamera yang bagus karena ada seekor elang yang terus berusaha untuk menyerang saya. Juga banyak lebah terbang di sekitar kepala," katanya.

Artikel Rekomendasi

Tawarkan Kengerian, The Conjuring 2 Balik Modal di Minggu Perdana

Simak kelanjutannya di artikel berikut ini.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.