Sukses

Potret Anak-anak Autis Lakukan Terapi Melalui Seni

Berbagai pembelajaran untuk anak autis dapat diterapkan agar melatih pembelajaran sistem motorik otak.

Citizen6, Jakarta Pernahkah kamu memerhatikan anak berkebutuhan khusus (ABK), salah satunya autis? Mereka membutuhkan kepedulian dan semangat untuk menjalani kehidupan sehari-hari. Tak hanya melatih cara berkomunikasi dengan orang lain, pantauan perkembangan diri sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya harus dilatih.

Berbagai pembelajaran dapat diterapkan agar melatih pembelajaran sistem motorik otak. Terapi ABK ini diterapkan di Rumah Autis Bogor, tepatnya di daerah Tajur. Komunitas Peduli Autis Bogor, yang didominasi mahasiswa IPB berkesempatan mengunjungi Rumah Autis Bogor.  

Belajar Menggambar untuk Anak Autis

Tiga anak autis yang tengah diterapi, yakni Fariz, Caca, dan Fikri. Pagi hari diawali dengan senam pagi, dilanjutkan dengan belajar menggambar. Hal ini melatih pengetahuan adik-adik ABK dalam mengenali warna, seperti warna pada buah apel dan warna lainnya.

Pembelajaran Akademik untuk Anak Autis

Penerapi mengungkapkan, salah satu faktor terjadinya kelahiran anak autis. Khususnya bagi para calon ibu perlu memerhatikan kelahiran, kehamilan, dan proses pertumbuhan anak. Jika dari ketiga proses terjadi ketidaknormalan, maka kemungkinan anak yang dilahirkan  dapat mengalami autis.

Ditulis oleh Nazuratul Aswad

Mahasiswi Institut Pertanian Bogor

Departemen Silvikultur

IG: @nazuratulaswad/@peduliautisbogor

Ingin tahu kelanjutan artikelnya? Kamu bisa baca di sini.

Artikel Rekomendasi

The Conjuring 2, Film Horor Terbaik Tahun Ini Versi Netizen

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.