Sukses

Bungkam Pembocor Soal Ujian, Aljazair Segel Media Sosial

Aljazair menutup akses media sosial upaya untuk mengatasi kecurangan dalam ujian akhir sekolah menengah atas. Akses Internet pun dibatasi.

Liputan6.com, Jakarta Sepadan dengan Indonesia, pemerintah Aljazair serius menggelar Ujian Akhir Sekolah untuk siswa sekolah menengah atas. Tak ingin soal dan jawaban ujian akhir sekolah menengah atas bocor, pemerintah Aljazair menyegel akses Internet ke media sosial.

Langkah ini diambil sebagai upaya untuk mengatasi kecurangan dalam ujian akhir sekolah menengah atas.

Pasalnya, hampir setengah dari siswa di negara itu diharuskan untuk mengulang kembali ujian mulai Minggu 19 Juni. Ini terjadi setelah ujian sebelumnya diwarnai dengan bocornya soal-soal di internet.

Dilansir dari BBC, Senin (20/6/2016), ditengarai banyak murid yang bisa mendapatkan soal ujian lewat Facebook dan media sosial lain sebelum mengikuti ujian awal Juni lalu. Secara terang-terangan, jawaban soal ujian disebarluaskan melalui jaringan pertemanan di media sosial.

Tak hanya akses menuju media sosial, akses internet di negara itu dengan menggunakan jaringan telepon 3G juga dilaporkan terganggu pada Minggu, hari pertama berlangsungnya ujian ulangan.

Simak kelanjutan langkah Aljazair membungkam pembocor soal ujian dengan meng-klik tautan berikut ini.

Artikel Rekomendasi

Merasa Hidupmu Sulit? Belajarlah dari Gadis yang Hidup dalam Ember Ini

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.