Sukses

Tips Meninggalkan Rumah Saat Mudik

Mendekati hari Lebaran, sudah semakin banyak masyarakat yang mudik ke kampung halaman.

Liputan6.com, Jakarta Mendekati hari Lebaran, sudah semakin banyak masyarakat yang mudik ke kampung halaman. Berlebaran di kampung halaman bersama keluarga adalah sebuah kenikmatan yang tak tergantikan. Perjalanan selama mudik pun menjadi sebuah fenomena yang asyik dan menarik. Beda rasanya ketika pulang kampung saat Lebaran dan bukan pada saat Lebaran. Suasana dan riuhnya lebih terasa ketika Lebaran. Meskipun memang harus berdesak-desakan, bermacet ria, dan berlama-lama menunggu dalam jalur antrean.


Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum meninggalkan rumah, apartemen, atau kontrakan sebelum berangkat mudik. Rumah kosong sudah pasti jadi incaran maling di saat penghuninya pergi mudik. Upaya-upaya preventif harus dilakukan demi mengurangi risiko kecurian atau kerugian yang lebih besar lagi. Selain risiko tersebut ada hal-hal yang harus diperhatikan, terutama ketika rumah ditinggalkan dalam keadaan kosong.

Beberapa hal yang perlu di perhatikan adalah sebagai berikut;

1. Melapor ke RT atau RW bahwa kita akan mudik. Ada baiknya kita menitipkan kunci kepada Pak RT atau Pak RW jika memang tidak memiliki sanak famili. Modalnya hanya percaya saja. Tapi jika tanpa menitipkan kunci serep pun tidak mengapa. Yang jelas kita sudah menginformasikan berapa lama kita akan meninggalkan rumah dan perkiraan kembali ke rumah harus jelas disampaikan kepada Pak RT atau RW. Jika Pak RT dan RW juga mudik minimal titipkan rumah kita kepada tetangga yang tidak mudik. Jangan lupa bawa buah tangan dari kampung halaman sebagai bentuk perhatian kita kepada mereka sebagai ucapan terima kasih

Selengkapnya baca di sini

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.