Sukses

Enam Satwa Langka Terancam Punah Ini Hanya Ditemukan di Indonesia

Tak hanya komodo yang menjadi satwa langka, merak hijau hingga monyet hantu menjadi satwa langka dunia yang hanya bisa ditemui di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Perdagangan satwa liar di Indonesia beberapa kali menjadi sorotan. Satwa langka yang terancam punah, terus diburu dan diselundupkan melalui perdagangan antar negara.

Meskipun Indonesia dikaruniai kekayaan flora dan fauna tak terhingga, namun beberapa satwa diantaranya nyaris punah.

Berikut sejumlah satwa langka yang cuma hidup di kepulauan Nusantara yang nyaris punah, dilansir dari laman Deutsche Welle, Jumat (24/6/2016) :

1. Monyet Hantu

Monyet hantu (Tarsius Tarsier) masuk dalam satwa langka terancam punah

Satwa mungil bernama ilmiah Tarsius Tarsier cuma hidup di pulau Sulawesi. Primata sejenis juga bisa ditemukan hidup di Filipina, kendati dengan corak yang berbeda. Seperti namanya, monyet hantu hampir tidak bisa melihat di siang hari. Sebaliknya pada malam hari satwa pemalu ini mampu melihat dengan tajam.

Menurut daftar merah IUCN (The International Union for Conservation of Nature and Natural Resources), populasi monyet hantu berkurang sebanyak 20% dalam sepuluh tahun terakhir. Hewan mungil ini sering disiksa dengan mengganggu waktu tidurnya di siang hari. Mereka dipaksa bangun dan dipertontonkan disiang hari, sehingga metabolisme tubuhnya terganggu dan mati.

2. Merak Hijau

Merak hijau, satwa langka ini terancam punah akibat perburuan liar. Foto : Deutsche Welle

Unggas bermahkota alias merak sebenarnya juga bisa ditemukan di India dan Sri Langka. Tapi jenis yang hidup di Indonesia diklaim memiliki mahkota lebih indah ketimbang saudaranya di seberang samudera. Selain lebih besar dan bisa berbobot hingga lima kilogram, merak hijau Indonesia juga sangat agresif terhadap manusia.

Simak empat satwa langka yang hanya dapat ditemukan di Indonesia dengan meng-klik tautan berikut ini.

Artikel Rekomendasi

Erni Suyanti Musabine, Kisah Berani Perempuan Penyelamat Harimau

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.