Sukses

Awas, 6 Kebiasaanmu Ini Efeknya Mengerikan Buat Otak

Otak membutuhkan glukosa dan oksigen agar bekerja maksimal, namun kebiasaan netizen ini ternyata menyiksa kerja otak manusia.

Liputan6.com, Jakarta Seperti organ vital lainnya, otak adalah bagian tubuh yang sangat berharga. Otak juga tak menjadi identitas manusia yang tidak bisa tergantikan, berbeda dengan organ tubuh lain. Pasalnya, otak menyimpan ingatan dan pengalaman yang diperoleh pemiliknya selama bertahun-tahun.

Agar dapat bekerja optimal, otak membutuhkan asupan glukosa dan oksigen dalam jumlah cukup. Glukosa diperoleh dari zat makanan seperti protein, karbohidrat dan sebagainya.

Gaya hidup netizen di kota-kota besar ternyata membuat otak bekerja keras. Secara tak sadar, berbagai kebiasaan ini berdampak mengerikan buat otak. Untuk merawat dan mengembangkan otak, hindari kebiasaan buruk ini, sebagaimana dilansir dari laman Deutsche Welle, Sabtu (25/6/2016), Jerman :

1. Meninggalkan Sarapan

Sarapan dengan porsi cukup berguna untuk kesehatan otak

Sering terburu-buru berangkat kerja sampai lupa sarapan? Jangan lupa... sarapan itu sangat penting. Mereka yang tidak sarapan akan memiliki kadar gula darah lebih rendah. Ketika Anda tidur di malam hari selama berjam-jam, otak kekurangan nutrisi yang harus segera diasup kembali. Jika Anda terbiasa tidak sarapan selama bertahun-tahun itu dapat menyebabkan degenerasi otak.
Stop kebiasaan tidak sarapan dan ganti dengan asupan bergizi cukup.

2. Menghisap Merokok Sebagai Gaya Hidup

Kebiasaan merokok berbahaya bagi kesehatan otak

"Merokok, sangat mengurangi kesehatan otak sehingga dapat menyebabkan kerusakan otak," kata dr Roeslan Yusni Hasan, Sp Bs, Dokter ahli bedah saraf dari Mayapada Hospital kepada Liputan6.com beberapa waktu lalu.

"Tetapi banyak perokok yang mencari-cari alasan dengan menyatakan bahwa merokok adalah menyehatkan. Itu salah besar," lanjutnya.

Kita semua tahu merokok itu buruk bagi kesehatan. Efek samping lain dari merokok adalah menyebabkan penyusutan beberapa bagian otak. Merokok juga diduga merupakan penyebab Alzheimer dan penyakit demensia lainnya.

Simak kelanjutan artikel 6 Kebiasaan yang Mengerikan Buat Otak dengan mengklik tautan berikut ini.

Artikel Rekomendasi

Tanda-tanda Kehidupan Seks yang Sehat Menurut Seksolog

Awas, Sering Main Ponsel Sebelum Tidur Dapat Sebabkan Kebutaan

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.