Sukses

Kisah Haru, Bocah 5 Tahun Terpaksa Bantu Kerja Ayahnya yang Buta

Liputan6.com, Jakarta - Kisah mengharukan datang dari seorang bocah perempuan dari Filipina. Sebuah video berdurasi tiga menit baru-baru ini menjadi sorotan publik hingga viral di internet.

Ya, video tersebut menunjukkan Jenny, bocah berusia lima tahun yang tengah membimbing ayahnya yang mengalami buta untuk bekerja di perkebunan kelapa. Ia tampak berjalan tanpa alas kaki sambil menuntun ayahnya Pepe "Dodong" Nelson menggunakan tongkat kayu kecil.

Dilansir odditycentral, Jumat (1/7/2016), Jenny dapat membantu sang ayah agar terhindar dari orang lain dengan membuat jalan sendiri melalui pohon-pohon kelapa. Dengan bantuan sang anak, Nelson bisa memanjat sekitar 60 pohon setiap hari untuk mendapatkan uang sebesar Rp 78 ribu.

Video menyentuh tersebut pertama kali diunggah Rhuby Capubes Oabillion di akun Facebook-nya pada 10 Juni 2016. Tak disangka, postingan tersebut mendapat lebih dari 2,5 juta like hingga diangkat oleh media nasional dan internasional.

Banyak dari netizen juga mengajak untuk membuat sebuah organisasi amal untuk membantu kehidupan keluarga Nelson. Bahkan yayasan ABS-CBN mengajak ayah dan anak ini ke sebuah rumah sakit di Manila.

Ternyata Nelson didiagnosa mengalami ablasi retina dan retinis pigmentosa. Saat ini dia akan menjalani "pelatihan mata pencaharian," sementara Jenny akan segera dipindahkan ke lingkungan yang lebih aman.

(ul)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.