Sukses

Tips Asyik Fitness Usai Puasa agar Tubuh Kamu Tidak 'Kaget'

Lantas bagaimana caranya memulai olahraga, terutama fitness setelah puasa berlalu?

Citizen6, Jakarta Bulan puasa telah berlalu. Bagi kamu yang selama puasa tidak sempat berolahraga karena takut kelelahan, kini saatnya kembali meningkatkan stamina tubuh. Lantas bagaimana caranya memulai olahraga setelah puasa berlalu?

Tubuh bisa saja belum siap dengan gerakan-gerakan olahraga tertentu. Kamu perlu persiapan dan kesabaran agar tubuh kamu tidak 'kaget' saat melakukan gerakan olahraga, khususnya gerakan fitness.

Bobby Ida, personal trainer fitness berdarah Indonesia-Jerman memberikan tips jitu memulai olahraga pertama setelah puasa selesai.

Jangan Terburu-buru

Selama bulan puasa, kamu cenderung kurang optimal berolahraga. Artinya, tubuh kamu mengalami penurunan stamina (drop). Kamu pasti tidak bisa mengangkat beban yang sama seperti sebelum bulan puasa.

Untuk memulihkan stamina kamu yang sempat hilang, perahan-lahan mulai lagi gerakan yang sama hingga mencapai tingkat stamina sebelum bulan puasa. Waktu yang dibutuhkan kira-kira dua sampai empat minggu lamanya.

Selain itu, kamu bisa mengurangi durasi latihan. Kurangi intensitas atau pilih latihan yang lebih mudah supaya tubuh kamu terbiasa dengan latihan lagi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Berhenti Diet Sejenak

Di bulan puasa tidak hanya sulit untuk tetap disiplin sama olahraga. Tapi asupan nutrisi tubuh lebih sulit ditingkatkan kembali. Setelah puasa, kebiasaan konsumsi makanan yang manis-manis kembali bergairah. Makanan berlemak pun turut disantap. Kamu bisa mencoba makan makanan cepat saji sebanyak dua sampai empat jenis makanan per minggu.

Kuncinya, jangan lebih mengonsumsi makanan tersebut.

Tahap selanjutnya untuk mencapai tubuh yang diinginkan, kamu bisa mengubah kebiasaan konsumsi makanan. Konsumsilah makanan yang membentuk tubuh, seperti sayur, buah , dada ayam atau ikan.

Tetapkan Tujuan Baru

Lemah dan lesu selama bulan puasa bisa saja dianggap tidak maksimal melakukan aktivitas seperti hari-hari biasa. Bagi kamu yang hobi berolahraga menjadi tidak maksimal selama bulan puasa.

Namun, ada sisi positif. Tubuh kamu punya waktu untuk istirahat selama sebulan penuh. Kamu dapat kesempatan waktu memikirkan tujuan hidup yang baru, apa yang kamu ingin capai atau ingin dilakukan.

Ingin tahu kelanjutan artikelnya? Kamu bisa baca di sini.

Artikel Rekomendasi

Anjing yang Kelilingi Kuil Tiap Hari Ini Bikin Warga Bingung

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini