Sukses

Waspadai Penipuan Belanja Online Berkedok Dokter

Mahasiswa jadi korban penipuan salah satu lembaga iklan baris online.

Citizen6, Jakarta Niat belanja online malah kena tipu. Itulah yang terjadi pada seorang mahasiswa pada 22-23 Juni lalu. Ia menjadi korban penipuan salah satu lembaga iklan baris online. Pelaku menguras uang korban hingga sebesar Rp7 juta.

Awal kejadian, korban yang berinisial ERW ingin membeli sepeda motor lewat toko online. Ia menemukan sebuah toko iklan baris online yang gencar banyak digunakan orang saat ini. kemudian komunikasi terjadi, ia bertukar nomor ponsel dan pin Blackberry Messenger (BBM) dengan si pelaku.

Pelaku yang mengaku dokter menyepakati ERW akan membeli satu buah unit motor merek Yamaha X-RIDE seharga Rp7 juta. Korban begitu tergiur dengan harga yang fantastis. Sang Dokter hanya meminta ERW untuk membayar setengah dari harga motor (uang muka) yang dikirim melalui rekening. Tanpa berpikir itu penipuan, ERW mengikuti semua yang disarankan oleh dokter tersebut.

ERW berhasil melakukan transaksi pengiriman uang lewat Anjungan Tunai Mandiri (ATM). Namnu, si pelaku mulai berlagak aneh. Ia meminta ERW melunasi kekurangan pembayaran. Jika tidak dilunasi, maka sepeda motor tidak bisa dikirim.

Korban pun takut uang yang sudah dikirm hangus, ia melunasi kekurangan tersebut. Keanehan pelaku makin menjadi. Setelah pembayaran sepeda motor lunas, sang pelaku sulit dihubungi. Kontak BBM korban dihapus oleh pelaku. Pelaku mengaku berada di Lampung dan bertugas di salah satu rumah sakit di Lampung.

Ditulis oleh Mimi Darwati

Mahasiswi UIN Jakarta

Twitter: @mimi_dz0 | Blog: mimidarwati[dot]blogspot[dot]co[dot]id

IG: mimidarwati11

Ingin tahu kelanjutan artikelnya? Kamu bisa baca di sini.

Artikel Rekomendasi

Menyentuh, Gadis Cilik Ini Traktir Polisi Saat Rayakan Ultah

Intip Uniknya Tavolara, Kerajaan Tekecil di Dunia

**Jadilah bagian dari Komunitas Campus CJ Liputan6.com dengan berbagi informasi & berita terkini melalui e-mail : campuscj6[at]gmail[dot]com serta follow official Instagram @campuscj6 untuk update informasi kegiatan-kegiatan offline kami.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini