Sukses

Paternoster, Lift Aneh 134 Tahun Lalu yang Tak Bisa Berhenti

Liputan6.com, Jakarta Jika kamu mengangap lift adalah temuan teknologi di era modern berarti kamu salah. Rupanya lift sudah ada sejak tahun 1884 di Dartford, Inggris. Uniknya lift tersebut masih digunakan hingga sekarang. Namanya paternoster.

Paternoster adalah jenis lift yang menggunakan rantai kompartemen berbentuk vertikal yang bergerak naik turun melalui masing-masing poros. Lift ini tidak bisa berhenti pada tiap lantai dan akan terus berputar naik turun tanpa henti.

Paternoster_animated

Dilansir amusingplanet.com, lift ini mulai ditinggalkan penggunanya karena dinilai membahayakan penumpangnya. Walau tak bergerak secepat lift sekarang ini, paternoster sering membuat penumpang cidera karena keluar dan masuk di waktu yang tidak tepat.

Penumpang harus keluar masuk tepat waktuLift ini ditemukan Insinyur bernama Peter Hart dan pertama kali dipasang di sejumlah pusat gedung di Dartford, Inggris. Nama paternoster diambil dari kata latin yang berarti 'doa bapa', di mana kamu disarankan benar-benar berdoa ketika akan menggunakan lift paternoster.

Paternoster sangat populer di Eropa pada abad ke-20 karena bisa membawa penumpang lebih banyak. Hal itu menjadi satu-satunya pilihan pengunjung yang tidak ingin melintasi tangga yang cukup tinggi dan melelahkan. Hingga kini lift itu masih beredar di Inggris, Denmark, Finlandia, Polandia, Hongaria, Swedia, Slovakia, Ceko, dan Jerman.

Namun di beberapa negara penggunaan lift paternoster sudah mulai dilarang lantaran membahayakan. Penumpang harus keluar masuk tepat waktuDikabarkan pengunjung pernah kehilangan lengannya karena keluar lift dengan tidak tepat. Di waktu lain pengunjung menderita luka serius karena terjepit ketika hendak keluar.

Kendati demikian, pelarangan lift itu hingga kini masih kontroversial. Seorang pengguna lift paternoster fanatik di media yang sama mengatakan, pemerintah harus melindungi benda-benda kuno.

"Kau tahu, kita tidak akan pernah bisa benar-benar mencegah bahaya," ujarya.

"Jika Anda melarang paternoster, maka Anda juga harus melarang mobil karena bisa menyebabkan kecelakaan. Lift ini adalah bagian dari sejarah industri."

Jika kebetulan kamu berkunjung ke negara-negara yang masih menggunakan paternoster, kira-kira apa kamu berani menaikinya? Pastikan kamu keluar dan masuk di waktu yang tepat. Dan jangan lupa berdoa.

(War)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.