Sukses

Kisah Pria yang Berhasil Abadikan Fenomena Mengerikan Microburst

Liputan6.com, Jakarta - Seorang fotografer bernama Jerry Ferguson mendapatkan kesempatan langka dengan melihat fenomena awan gelap yang membentuk microburst di Phoenix, Arizona.

Ketika ia melihat pembentukan awan berbentuk jamur raksasa itu, ia tengah berada dalam sebuah helikopter berita untuk syuting televisi lokal.

"Saya melihat microburst ini saat kamu meliput badai debu di dekat Phoenix dan saya langsung berpikir hal yang sama seperti orang lain. Itu seperti bom atom yang diledakan," ucap Ferguson.

Dilansir elitereaders, Selasa (26/7/2016), fenomena mengerikan itu biasa disebut dengan microburst. Jika terjadi downdraft maka akan menjadi bencana penerbangan dan tak ada ampun bagi pesawat sebesar apapun mampu dibanting sampai jatuh, karena downdraft akan bergerak dengan cara berlawanan dari tornado.

dok: elitereaders.com

Menangkap fenomena alam memang bukan pekerjaan mudah. Maka foto luar biasa yang diabadikannya berkat kerja sama antara Ferguson dan pilotnya, Andrew Park.

Saat itu, ia bertugas untuk berkomunikasi dan menangani tripod untuk mengabadikan gambar microburst dengan menggunakan Canon D5 Mark III. Di sisi lain, Park sibuk bergulat dalam posisi 800 kaki di atas tangah di tengah angin kencang yang dihasilkan badai tersebut.

"Helikopter bergetar dengan keras dan saya tetap fokus memotret microburst. Saya sering mengambil dengan cahaya rendah, jadi saya menggunakan aperture lebar dan mengatur kamera pada prioritas shutter dengan kecepatan rana tertinggi untuk menghilangkan getaran blur," lanjutnya.

(ul)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.