Sukses

Beredar Video Cara Jitu Atasi Kebijakan Pelat Mobil Ganjil Genap

Berbagai cara untuk mengurangi kemacetan Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta Berbagai macam cara dilakukan pemerintah DKI untuk mengurangi kemacetan lalu lintas Jakarta. Di antaranya sistem 3 in 1 yang terbukti gagal. Kebijakan itu malah memunculkan profesi baru yang disebut joki. Para joki menawarkan jasanya untuk menambah kuota jumlah pengendara menjadi tiga orang agar bisa lolos melewati jalur 3 in 1.

Selain 3 in 1, pemerintah juga menyediakan terobosan baru dengan bus Transjakarta yang melewati jalur khusus. Namun praktiknya, banyak mobil pribadi dan pesepeda motor menerobos melewati jalur khusus tersebut. Padahal di beberapa kawasan telah dibuat tembok pembatas yang terbuat dari semen.

Harapan agar warga Jakarta pengguna mobil pribadi mau pindah memakai transportasi umum, gagal. Alhasil, bus Transjakarta tak juga menjadi solusi untuk mengurangi kemacetan ibu kota.

Kebijakan terbaru yang pemerintah adalah akan menerapkan sistem pelat mobil ganjil genap berdasarkan tanggal. Pada tanggal-tanggal ganjil, hanya pelat mobil dengan akhiran bilangan ganjil boleh melewati jalur bekas 3 in 1. Mobil dengan pelat bernomor genap dilarang melintas.

Baru-baru ini beredar video yang memperlihatkan bagaimana caranya agar mobil kita bisa bebas melewati jalur tanpa pengaruh tanggal ganjil atau genap. Caranya seperti apa? Yuk kita simak videonya berikut ini.

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.