Sukses

Wanita Mulia, Berhenti Kerja demi Merawat 220 Anjing Telantar

Menjalani hidup sebagai seorang wanita yang penyayang, Wen rela mengubah rumahnya menjadi tempat perlindungan bagi 220 anjing yang telantar.

Liputan6.com, Jakarta Menjaga dan merawat makhluk hidup, entah itu tumbuhan atau binatang, adalah salah satu hal yang mulia. Seperti yang dilakukan wanita asal Tiongkok (53) bernama Wen Li. Menjalani hidup sebagai seorang wanita yang penyayang, Wen rela mengubah rumahnya menjadi tempat perlindungan bagi 220 anjing telantar.

Bertempat di Pingliang, Provinsi Gansu, Tiongkok. Sejak 2011 wanita paruh baya ini bertekad untuk melakukan perbuatan mulia tersebut. Wanita baik hati ini memutuskan untuk berhenti dari pekerjaannya, yaitu seorang guru dan mengurusi anjing tersebut.

Bahkan Wen berani menguras dan menghabiskan tabungannya demi membuat rumah yang nyaman dan hangat bagi anjingnya yang sudah dianggap sebagai "cucu", serta menjuluki dirinya sebagai "nenek" dari peliharaannya itu.

Wen mengatakan, dia tidak bisa melihat anjing-anjing ini berkeliaran dan tak terawat di kotanya. Menurutnya, merawat anjing ini adalah tanggung jawabnya sebagai manusia.

"Setiap orang yang memiliki hati nurani akan melakukan hal yang sama. Dapatkah Anda membayangkan apa yang akan terjadi di kota ini jika kita meninggalkan semua anjing itu?" ucapnya.

Selama lima tahun, Wen mendapatkan anjing yang dibawanya sendiri dari jalanan atau didapatnya dari pencinta hewan lainnya. Namun, Wen juga tidak menutupi akan hal yang selalu menghantui dan membebaninya ini. Dia membutuhkan banyak dana untuk memberi makan kepada "cucu"nya ini.

"Mereka membutuhkan makan dua kali setiap hari. Setiap makan, saya membutuhkan 80 biskuit, 7,5 kg makanan anjing dan 2,5 kg hati sapi. Jika dihitung saya membutuhkan 100.000 yuan setiap tahun," ujarnya.

Demi mendapatkan penghasilan untuk menghidupi anjingnya, dia rela bekerja paruh waktu dan mendapatkan beberapa sumbangan dari orang-orang di sekitarnya.

Namun, karena tekadnya untuk menjaga dan merawat 220 anjing tersebut, Wen ditinggal kerabatnya. Kini Wen hanya ditemani putrinya untuk hidup bersama anjing-anjing tersebut.

"Kerabat saya memutuskan hubungan dengan saya. Tapi menurut saya itu bukan hal yang buruk, karena sekarang saya punya waktu lebih luang untuk merawat anjing-anjing saya," katanya.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.