Sukses

3 Tantangan dari Internet yang Paling Berbahaya dan Mematikan

Media sosial memudahkan penggunanya untuk saling berpartisipasi, berbagi informasi, dan menciptakan ataupun berperan serta ke dalam dunia

Liputan6.com, Jakarta Media sosial memudahkan penggunanya untuk saling berpartisipasi, berbagi informasi, dan menciptakan ataupun berperan serta ke dalam dunia virtual. Banyak sekali manfaat dari media sosial, hampir segala sesuatu selalu berhubungan dengan media ini.

Mulai dari belajar, bekerja, rekreasi, bisnis semua selalu berhubungan dengan media sosial. Jika kamu aktif  di media sosial pasti sering mendapatkan tantangan atau challange dari teman dunia maya kamu untuk melakukan sesuatu yang aneh ataupun nyeleneh, seperti Ice Bucket Challenge yang sempat tenar di dunia karena banyak orang yang ikut berpartisipasi untuk turut serta. Selain untuk senang-senang kegiatan ini juga sebagai bentuk kampanye sosial untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan bahaya penyakit sklerosis lateral amiotrofik (ALS).

Namun, selain Ice Bucket berikut ada 3 tantangan yang tidak untuk dicontoh karena sangat membahayakan, seperti:

1. Fire Challenge

Tantangan yang sempat nge-trend pada tahun 2015 ini merupakan sebuah tantangan pada siapa saja yang berani membakar atau menyalakan api di badan kamu sendiri dalam jangka waktu tertentu. Akibatnya tak jarang para penerima tantangan menderita luka bakar yang cukup parah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Salt and Ice Challenge

Tantangan ini merupakan tantangan yang hampir sama dengan fire challenge, bedanya tantangan menggunakan campuran antara es dan garam yang dapat menyebabkan kulit menjadi melepuh. Dari tantangan ini ada sebuah kasus yang hampir membuat remaja asal Pittsburg mengalami luka bakar parah dan harus dirawat berbulan-bulan akibat nekat melakukan tantangan ini.

3 dari 3 halaman

3. Boiling Water Challenge

Tantangan ini adalah tantangan paling berbahaya yang benar-benar tidak boleh kamu lakukan. Sesuai dengan namanya yang berarti air mendidih, kamu dituntut untuk menyiram air mendidih panas ke tubuh kamu. Kecipratan air mendidih sedikit saja panas, bagaimana terkena di sekujur tubuh coba?

Ingat ya, jangan pernah melakukan tantangan-tantangan di atas tanpa pengawasan dari orang tua atau pun orang yang profesional, dan jika kamu tetap nekat melakukannya sama saja kamu mendekatkan kematian secara tidak langsung.

Penulis:

Anita Karamina

Mahasiswa Broadcast Journalism

Universitas Budi Luhur

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.