Sukses

Saking Seramnya, 5 Boneka 'Hantu' Menjadi Urban Legend Populer

Seiring perjalanan waktu, boneka hantu akhirnya menjadi bagian dari legenda kota (urban legend) di tengah masyarakat.

Citizen6, Jakarta Boneka menjadi primadona bagi anak-anak di seluruh dunia. Bahkan sejak abad ke-18 dan 19 sempat muncul tren mengoleksi boneka mewah dengan harga selangit di kalangan bangsawan Eropa. Ternyata tidak semua boneka itu lucu dan menggemaskan, terutama boneka hantu.

Di beberapa negara, boneka dapat membangkitkan kesan seram. Di balik boneka terdapat sosok yang menakutkan, ada pula boneka-boneka konon dirasuki hantu. Seiring perjalanan waktu, boneka-boneka hantu akhirnya menjadi bagian dari legenda kota (urban legend) di tengah masyarakat.

  • Boneka Robert

Boneka yang dikenal dengan nama Robert The Doll atau Robert The Haunted Doll dipercayai berhantu. Konon, boneka hantu Robert dimiliki Robert Eugene Otto, pelukis asal Key West sejak tahun 1906. Kamu akan terkejut dari pengakuan sejumlah tetangga keluarga Otto.

Boneka Robert

Mereka pernah melihat boneka Robert berjalan dari satu jendela ke jendela yang lain. Karena keluarga Otto ketakutan, boneka disingkirkan ke loteng sampai Otto dewasa. Boneka Robert sempat berpindah tangan ke keluarga lain, yang mengaku mengalami kejadian aneh. Kini, si boneka menjadi koleksi di Fort East Martello Museum, Key West.

  • Katja

Penampilan boneka hantu asal Rusia memang membuat siapa saja ketakutan. Konon, Katja berasal dari zaman kekaisaran dan dibuat sekitar tahun 1730-an untuk salah seorang selir Tsar Rusia yang mengandung. Sang selir sangat mendambakan anak laki-laki demi pewaris tahta kerajaan.

Harapannya pupus, ia melahirkan bayi perempuan dengan wajah cacat. Karena dianggap sebagai aib, sang selir membakar bayinya hidup-hidup. Lalu abu dari jasad si bayi dicampur dengan porselen dan dicetak menjadi boneka bernama Katja.

Boneka Katja

Boneka Katja tidak boleh dipandang lebih dari 20 detik. Jika Katja sampai mengedipkan mata, siapa pun yang memandangnya akan segera mengalami malapetaka.

Mau tahu kelanjutan boneka-boneka hantu lainnya, kamu bisa baca di sini.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.