Sukses

Ngeri, 4 Kisah Misteri Gunung Ciremai Dituturkan Para Pendaki

Di balik pesona alam yang memikat, ragam kisah misteri menyelimuti Gunung Ciremai.

Citizen6, Jakarta Gunung Ciremai yang membentang di tiga wilayah kabupaten, dari Majalengka, Kuningan hingga ke Cirebon memiliki pesona menakjubkan. Gunung yang berbentuk tumpeng ini amat terkenal di kalangan para pencinta alam. Di balik pesona alam yang memikat, ragam kisah misteri menyelimuti Gunung Ciremai.

Desas-desus kisah misteri yang konon sangat seram diperoleh dari penuturan para pendaki. Bagi kamu yang belum pernah mendaki ke Gunung Ciremai, kisah misteri ini bakal membuat merinding.

  • Terdengar Suara Gamelan

Suara-suara asing yang biasa terdengar di gunung memang mengundang rasa keingintahuan para pendaki. Salah satu kisah misteri di Gunung Ciremai berupa suara gamelan jawa. 

Ilustrasi Gamelan Jawa

Anehnya, semakin kamu mendengarkan suara tersebut, makin lama suara gamelan jawa seolah-olah kian menjauh. Para pendaki meyakini, suara gamelan jawa berasal dari lelembut penghuni pegunungan yang sengaja mengecoh konsentrasi para pendaki agar tersesat dari jalur utama.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Nyi Linggi

  • Penampakan Sosok Nyi Linggi

Awal mula kisah Nyi Linggi yang dikenal masyarakat hadir entah dari mana asalnya. Sosok Nyi Linggi erat dikaitkan sebagai si empu yang pernah menempati batu lingga. Ia menempati batu tersebut setelah turunnya Sunan Gunung Jati dari pengasingannya.

Cerita yang beredar, Nyi Linggi melakukan pertapaan ditemani dua ekor macan kumbang. Ia bersemedi untuk menguasai ilmu tertentu. Sayangnya, belum sempat prosesi ritual selesai, Nyi Linggi meninggal dunia. Dua ekor macan kumbang yang menjaganya konon menghilang tanpa bekas.

Sosok di area Batu Lingga

Beberapa warga ada yang mengaku pernah melihat penampakan sosok Nyi Linggi bersama dua ekor macan kumbang di area batu lingga. Kabarnya, seorang pendaki juga pernah melihat sosok wanita bertongkat dan berpakaian kuno yang diapit dua macan kumbang.

Misteri apa lagi yang menyelimuti Gunung Ciremai, kamu bisa membaca selengkapnya di sini.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.