Sukses

Kisah Nenek 86 Tahun yang Telah Ikuti Triathlon 46 Kali

“Iron Nun” adalah sebuah julukan untuk seorang biarawati bernama Suster Madonna Butler.

Liputan6.com, Jakarta “Iron Nun” adalah sebuah julukan untuk seorang biarawati bernama Suster Madonna Butler. Butler membuktikan bahwa umur hanyalah sebuah angka, ia mengikuti kompetisi triathlon atau olahraga ketahanan fisiknya pada usia 52 tahun dan sejak saat itu ia telah menyelesaikan lebih dari 340 kompetisi, termasuk 46 triathlon Ironman.

Dilansir odditycentral.com, pada usianya ke 86 tahun, ia masih berpartisipasi dalam kompetisi triathlon dan tidak berencana untuk berhenti dalam waktu dekat.

http://citizen6.liputan6.com/read/2540353/kisah-pilu-nenek-61-tahun-jalani-ramadan-di-penjara

Lahir pada bulan Juli tahun 1930 di St. Louis, Butler adalah seorang gadis yang aktif dan bahkan memenangkan kejuaraan nasional berkuda saat usianya 16 tahun, tapi olahraga itu hanya hobi.

Pada usianya ke 23 tahun, Marie Dorothy memenuhi panggilan hidupnya dan menjadi suster Madonna. Pada tahun 1970, ia meninggalkan jemaat untuk bergabung dengan 38 biarawati lainnya dari latar belakang yang berbeda untuk menemukan komunitas baru dan non-tradisional dari keagamaan, independen dari otoritas Gereja Katolik Roma. Langkah ini memberinya kebebasan untuk memilih gaya hidup sendiri dan kemudian membawanya kembali pada jati dirinya.

Suster Madonna Butler mulai berjalan dan bersenang-senang sendiri saat usianya 48 tahun, atas saran dari seorang pastur yang mengatakan bahwa olahraga yang akan ia jalani itu adalah baik untuk tubuhnya. Ia berkonsultasi dengan pasturnya itu, apakah itu ide yang baik, karena orang-orang menganggap hal ini tidak biasa. Dia mengatakan dia ingin menjalankan tujuan dengan baik, tapi dia tidak yakin bagaimana dunia akan melihat seorang biarawati mengikuti lomba.

Kisah Nenek 86 Tahun yang Telah Ikuti Triathlon 46 Kali

Kemudian pastur tersebut mengatakan, “Suster, saya berharap beberapa pastur saya melakukan apa yang suster lakukan,” dan ia memberi restu.

Pada tahun 2005, saat usianya 76 tahun, ia mendapat julukan “Iron Nun” karena menjadi wanita tertua yang menyelesaikan triathlon Ironman. Pada tanggal 26 Agustus 2012, Suster Madonna Butler kembali menjadi orang tertua yang menyelesaikan tantangan Ironman (2,6 mil berenang, 112-mil berjalan dan 26,2 mil lari, yang semuanya harus diselesaikan dalam 17 jam). Pada usianya ke 86 tahun, Iron Nun telah menyelesaikan ratusan kompetisi, dan puluhan pertandingan Ironman. Itulah daftar prestasi yang mengesankan yang membuat Anda bertanya-tanya dia telah menyelesaikan kompetisi- kompetisi yang pesaingnya jauh lebih muda daripada Butler.

Tapi setelah mencapai begitu banyak prestasi, Suster Madonna tidak ingin menyerah dan pensiun dalam waktu dekat. Ia mengatakan mengapa ia tetap sehat walau usianya yang kini telah senja, sebab ia berjalan ke gereja setiap hari, mengendarai sepeda sejauh 40 mil dan berenang di danau dekat rumahnya.

Suster Madonna hanya mengonsumsi sayur dan buah-buahan mentah, ia hanya butuh protein dan karbohidrat untuk tubuhnya.

Suster Madonna dilantik ke dalam Triathlon Hall of Fame USA pada tahun 2014, dan baru-baru ini ia merilis bukunya yang berjudul The Grace Race. Goodjob Suster Madonna!

Penulis:

Pamela Sandri

Universitas Pancasila

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini