Sukses

10 Keajaiban Kuno Hingga Kini Masih Misteri, Bagian II

Hingga kini, keberadaan banguna-bangunan kuno ini masih tak bisa dijelaskan.

Liputan6.com, Jakarta - Sepanjang sejarah, peradaban lahir dan hilang berkali-kali. Di zaman modern, dengan pengetahuan yang lebih canggih, antropolog dan arkeolog mencoba untuk menguak jejak peradaban yang ada.

Namun, ada beberapa penemuan yang hingga kini tak dapat dijelaskan sejarahnya. Dilansir dari thevintagenews, berikut 10 keajaiban kuno yang hingga kini masih menjadi misteri.

6. Olmec Head, Meksiko

Olmec merupakan peradaban awal Mesoamerika yang memiliki banyak pengaruh pada budaya sesudahnya seperti suku Aztec dan Maya. Peradaban Olmec berkembang pada tahun 1200-400 SM di sepanjang pantai Teluk Meksiko. Penduduknya diperkirakan seniman yang berbakat dan pematung.

Peradaban ini terkenal karena kepala kolosal besar mereka, yakni 17 telah ditemukan di tiga lokasi di Meksiko. Hampir semua kepala kolosal ini memiliki bentuk yang sama: hidung rata, bibir lebar, dan penutup dahi. Diperkirakan figur tersebut merupakan gambaran pemimpin kepala suku.

Kepala batu raksasa yang ditemukan ini telah menjadi kontroversi. Banyak kelompok di Afrika mengklaim kepala tersebut menunjukkan figur pemimpin mereka.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

7. Gobekli Tepe, Turki

7. Gobekli Tepe, Turki

Merupakan serangkaian struktur berbentuk melingkar di atas bukit. Batu-batu yang diukir dan diatur di tempat ini diperkirakan merupakan buatan masyarakat prasejarah yang belum kenal logam dan tembikar.

Situs ini pertama kali dicatat dalam survei yang dilakukan Univesitas Istanbul dan Universitas Chicago pada tahun 1963. Penggalian dimulai pada tahun 1995 oleh Prof. Klaus Schmidt dengan bantuan Institut Arkeolog Jerman.

3 dari 5 halaman

8. Carnac Stones, Perancis

8. Carnac Stones, Perancis

Batu-batu Carnac merupakan koleksi peninggalan zaman megalitikum di sekitar desa Carnac, Perancis. Dengan lebih dari 100 monumen, Carnac adalah situs konsentrasi terbesar monumen megalitik di dunia.

Fungsi batu-batu ini masih jadi perdebatan. Ada yang berpikir ini merupakan sebuah kuburan besar, namun banyak juga yang percaya batu-batu ini fungsinya terkait astronomi seperti penanda.

4 dari 5 halaman

9. Giant Stone Spheres, Kosta Rika

9. Giant Stone Spheres, Kosta Rika

Disebut juga bola batu raksasa, merupakan salah satu misteri dalam arkeologi yang ditemukan di Diquis Delta dari Kosta Rika. Sejak tahun 1930-an hingga kini, tercatat 300 bola yang telah ditemukan. Ukurannya pun bermacam-macam, dari hanya beberapa sentimeter sampai lebih dari 2 meter.

Batuan ini diperkirakan dibangun antara 1000-500 SM oleh penduduk yang telah lenyap sejak saat itu. Banyak mitos mengelilingi batu, seperti mereka datang dari Atlantis, atau bahwa mereka dibuat seperti itu oleh alam.

5 dari 5 halaman

10. Patung Moai, Pulau Paskah

10. Patung Moai, Pulau Paskah

Pulau yang terletak di tenggara Samudera Pasifik ini terkenal 900-an patung batu raksasa yang disebut Moai. Ada 887 dikenal patung Moai, yang tertinggi adalah 21 meter dengan berat lebih dari 160 ton.

Patung-patung Moai memiliki kepala besar dan badan dengan hidung tajam dan dagu. Patung-patung Pulau Paskah menjadi salah satu situs yang menyimpan rahasia terbaik dan telah masuk daftar situs Warisan Dunia versi UNESCO pada tahun 1995.

Banyak spekulasi tentang asal patung ini. Sebab, batu-batu tersebut diperkirakan tak berasal dari Pulau Paskah.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini