Sukses

Bukit Maracah, Pesona Baru Wisata Indah di Gunungkidul

Gunungkidul kini makin identik dengan wisata alam.

Liputan6.com, Jakarta Gunungkidul kini makin identik dengan wisata alam. Sampai saat ini tercatat sedikitnya ada 69 tempat wisata yang ada di kabupaten pinggir pantai selatan ini. Mulai dari Pantai Pok Tunggal, Pantai Siung, Sadranan, Ngobaran, Gesing, Pantai Indrayanti, Baron, Sundak, Goa Gelatik, Goa Seropan, Goa Jomblang, Cave Tubing Kalisuci, Air Terjun Indrayanti, Gunung Nglanggeran, Bukit Kosakora, Pantai Wedi Ombo dan lainnya.

Destinasi wisata Gunungkidul bertambah satu lagi. Lokasinya berada di Dusun Bedalo, Kelurahan Kerambisari, Kecamatan Saptosati, Gunungkidul.

Sebenarnya di Dusun Bedalo ini ada obyek wisata yang dapat dikunjungi, seperti Pantai Butuh dengan pesona pasir putihnya. Satu lagi obyek wisata yang tak kalah bagusnya dengan pantai adalah Bukit Maracah.

Bukit Maracah merupakan obyek wisata baru yang sedang dikembangkan. Konsep yang dibuat di Bukit Maracah sangat menarik karena Bukit Maracah berada di atas ketinggian. Selain itu, di Bukit Maracah juga terdapat sebuah gardu pandang di atasnya, Jadi pada saat kita ke atas bukit, kita dapat langsung melihat luas bentangan samudra biru yang terbentang di laut selatan.

Rute untuk mencapai Bukit Maracah dari arah Yogyakarta dapat ditempuh melalui dua jalur. Yang pertama melewati Wonosari atau Panggang. Namun untuk mempersingkat jarak tempuh, Anda dapat melewati jalur ke arah Panggang.

Dari arah Panggang, Anda langsung saja menuju ke arah Pantai Ngeden. Namun bagi pengguna sepeda motor diharapkan berhati-hati karena rute jalan untuk mencapai Bukit Maracah sangat bergelombang. Namun rasa capek sehabis perjalanan akan terbayarkan bila Anda sudah mencapai Bukit Maracah. Untuk biaya retribusi menuju Bukit Maracah bagi kendaraan bermotor roda dua akan dikenai Rp 5.000. Cukup murah, bukan?

Nah, bagi Anda yang penasaran, segera agendakan weekend Anda.

Penulis:

Robertus Aditya Eko Setyawan, alumni mahasiswa PR ASMI Santa Maria Yogyakarta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini