Sukses

5 Alasan Kenapa Ada Batu Kerikil di Rel Kereta

Di sepanjang jalur lintasan kereta api yang kita lihat pasti selalu ada tumpukan batu kerikil yang berada di bawahnya mengisi sela-sela besi

Liputan6.com, Jakarta - Pernahkah kamu merasa heran mengapa di setiap rel kereta api selalu ada banyak pecahan batu-batu kecil atau kerikil, sebenarnya apa sih fungsi dari batu-batu itu? Di sepanjang jalur lintasan kereta api yang kita lihat pasti selalu ada tumpukan batu kerikil yang berada di bawahnya mengisi sela-sela besi.

Nah, penasaran untuk apa batu kerikil tersebut? Berikut ulasannya.

1. Berguna sebagai ballast

Batu-batu kerikil yang berada di sela-sela rel kereta api disebut dengan istilah ballast. Berfungsi sebagai pemberat atau penyeimbang agar lintasan kereta api selalu berfungsi dengan semestinya. Meski terlihat sepele, keberadaan batu-batu kerikil sebagai ballast ini sangatlah penting.

2. Stabilitas lintasan kereta api

Batu-batu kerikil ini digunakan sebagai material khusus penopang stabilitas antara kendaraan dan struktur rel kereta api itu sendiri. Seperti halnya keberadaan vital bantalan balok kayu di bawah rel besi yang berguna untuk menahan kedua jalur besi agar tidak goyah atau bergeser. Tentu saja ada rumus teknik tertentu untuk menghitung jarak antar kayu agar rel terbentuk dengan kuat dan kokoh.

Selengkapnya bisa kamu baca di sini.

(ul)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini