Sukses

Terungkap, Sosok Penulis Humor Mukidi yang Sebenarnya

Liputan6.com, Jakarta - Entah siapa yang memulai, nama Mukidi tiba-tiba riuh dibicarakan dan menjadi kata kunci paling ramai di mesin pencari Google. Netizen makin keranjingan ketika sosok di balik nama Mukidi rupanya mempunyai selera humor yang tidak garing.

Humor-humor Mukidi mulanya tersebar melalui aplikasi perpesanan seperti BBM, WhatsAap, Telegram, LINE dan lain sebagainya. Belakangan diketahui, humor-humor itu bersumber dari blog yang beralamatkan ceritamukidi.wordpress.com.

Lalu siapakah sosok di balik cerita Mukidi yang sebenarnya?

Sosok di balik Cerita Mukidi ternyata bernama Soetantyo Moechlas, warga Banyumas, Jawa Tengah yang kini berdomisili di Jl. Pembangunan I no 1 Jatibening I Bekasi 17412. Humor-humor soal Mukidi awalnya digunakan pria yang akrab disapa Yoyok itu sebagai materi penyegaran dalam presentasi.

"Saya itu product manager, jadi saya sering presentasi pakai humor itu supaya tidak tegang," ujarnya kepada Liputan6.com.

Cerita Mukidi sebenarnya telah ia tulis sejak beberapa tahun yang lalu. Bahkan Cerita Mukidi sering diputar di salah satu saluran radio waktu itu. Ditanya mengapa menggunakan nama Mukidi, Yoyok mengaku lantaran nama Mukidi mudah diingat.

"Ini tak ubahnya nama Kabayan, Wakijan, Samijan dan sebagainya. Nama-nama yang menyimbolkan rakyat kecil dan mudah diingat," ujarnya.

Yoyok memastikan tidak ada satupun tokoh di dunia nyata yang menyiratkan satu orang. Mukidi adalah Mukidi, tokoh fiksi rekaan Soelastyo Moechlas. Terkadang Mukidi diceritakan sebagai pelajar, remaja, pemuda, dan dalam beberapa humor Mukidi menjadi sosok suami yang telah berkeluarga.

Asal muasal Mukidi juga berpindah-pindah. Terkadang Mukidi diceritakan sebagai orang dengan logat Cilacap, Betawi, Surabaya, dan tak jarang logat Madura. Tak heran jika ada yang menyebut, Mukidi sebenarnya adalah sosok perwakilan orang Indonesia.
 
(War)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.