Sukses

Cantiknya Pelajar SMA dari Medan di Lomba Presenter Remaja

Lomba Presenter Remaja adalah kompetisi yang digelar Yayasan Putik Indonesia Berkarya (YPIB) bersama Liputan6.com

Citizen6, Jakarta Rambut panjang sebahu tergerai indah. Dalam balutan dress merah muda didukung sepatu berhak tinggi (high heels), gadis jelita ini menarik perhatian siapa pun yang memandangnya. Hayatun Nusun amat antusias mengikuti lomba news presenter di Mitra Terrace, Jakarta, Sabtu (27/08/2016).

Kompetisi yang digelar Yayasan Putik Indonesia Berkarya (YPIB) termasuk kali kedua ia ikuti. Perjalanan mengikuti lomba news presenter terbilang masih awal tapi Hayatun sudah mempunyai segudang pengalaman. Ia pernah meraih juara 3 lomba Master of Ceremony (MC) se-kota Medan.

Bukan hanya itu saja, gadis asal Medan, Sumatera Utara ini sering dipercayai menjadi pembawa acara (host) di berbagai kegiatan. Tak heran, dari pengalaman sebagai host, ia tertarik terjun ke dunia jurnalistik. Bagi Hayatun, pengalaman mengikuti lomba news presenter sangat berharga. Ia merasa tertantang harus live sebagai news presenter.

Meskipun bersaing dengan para peserta lain, yang seumuran dan masih muda, ia tetap bersemangat memetik komentar juri. Kini, Hayatun terus berjuang meraih cita-citanya menjadi news anchor.

"Ikut lomba news presenter ini beda banget sama lomba lainnya, karena kan harus live. Aku juga harus bersaing dengan teman-teman lain, yang seumuran. Apalagi aku masih muda banget.

Senang banget dinilai sama jurinya, juri muda dan senior, seperti Zaskia Adya Mecca. Ke depannya, aku pengen jadi news anchor di Mata Najwa," ungkapnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Haru Ibunda

Rupanya Hayatun tidak datang sendiri ke lokasi acara. Ia didampingi ibunda tercinta. Menurut sang ibu, anaknya memeroleh informasi lomba dari broadcast. Ia setia mendampingi sang putri ke berbagai acara.

"Kami tinggal di sini (Jakarta) baru satu tahun. Pengalaman ikuti lomba news presenter baru pertama kalinya ini. Sebelumnya, dia jadi MC. Saya suka ngikutin ke mana pun dia pergi karena dia suka sekali mengikuti berbagai event," ujar ibunda Hayatun.

Sang ibu ikut mendukung Hayatun. Ia memberikan sedikit wawasan agar putrinya banyak membaca. Selain itu, belajar dari penampilan peserta lain.

3 dari 3 halaman

Komentar Juri

Zaskia Adya Mecca, aktris dan presenter muda ini hadir sebagai juri. Menurutnya, para peserta begitu variatif. Ada peserta yang sudah siap sesuai aturan membawakan berita, percaya diri maupun cocok masuk ke televisi.

"Pesertanya ada yang anak muda banget. Yang aku pengen, mereka paham menjadi pemenang enggak hanya mementingkan penampilan luar, tapi secara penguasaan materi harus bagus. Ada juga yang penampilannya oke, tapi materi belum bagus.

Kami (juri) mencari yang orisinil, eye contact baik. Jadi, yang namanya presenter menyampaikan berita enggak cuma cantik aja. Kalau pakai make up, penampilan cantik itu model. Yang lebih penting itu pengetahuan yang disampaikan," jelasnya.

Dari penilaian Zaskia, ada beberapa peserta yang bagus menyampaikan berita untuk orang lain. Namun, ada juga peserta yang hanya menyampaikan berita untuk dirinya sendiri.

Reportase oleh Cintia Dwi Apriliyani (Universitas Brawijaya) dan Darmawan Syawaldi (Akmrtv Jakarta)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini