Sukses

Arkeolog Ungkap Fakta Baru, Attila Hun Kaisar Tersadis di Dunia

Siapa yang tak mengenal Attila, kepala suku Hun yang dikenal sangat agresif dan ambisius.

Liputan6.com, Jakarta - "Dimana saya melintas, rumput tidak akan tumbuh lagi."

Siapapun yang mendengar ucapan tersebut pasti akan merasa heran dan ngeri. Ya, Attila lah orang yang berani menuturkan kalimat tersebut.

Siapa yang tak mengenal Attila, kepala suku Hun yang dikenal sangat agresif dan ambisius. Bahkan ia menjadi musuh paling ditakuti bangsa Romawi Barat dan Romawi Timur karena saat pertempuran, Attila selalu menghabisi semua musuhnya, tak terkecuali kaum hawa dan anak-anak.

Kisah mengenai Attila memang tak akan ada habisnya untuk dibahas. Nah, baru-baru ini ada fakta baru mengenai penemuan makam pemimpin Hun tersebut.

Dilansir Worldnewsdailyreport, Sabtu (27/8/2016), para pekerja konstruksi bangunan fondasi jembatan di atas sungai Danube, di gedung DPR Hongaria menemukan sebuah makan spektakuler abad ke-5.

Attila Hun

Analisis monumen mengungkapkan jika makan itu adalah ruang pemakaman seorang pemimpin Hun, kemungkinan besar Raja Attila.

"Situs ini benar-benar luar biasa," ucap Albrecht Rümschtein, seorang sejarawan dari Universitas Eötvös Loránd di Budapest, Hongaria dan juga anggota tim spesialis yang menyelidiki makan tersebut.

Ia juga menjelaskan secara rinci apa saja barang bersejarah yang ditemukan dalam tempat tersebut.

"Kami menemukan banyak kerangka kuda, serta berbagai senjata dan artefak lainnya, semua tradisional dan terkait dengan Hun. Benda-benda itu termasuk pedang besar yang terbuat dari besi meteroit yang tentunya menjadi benda legendaris milik Attila. Bahkan, ini pasti menjadi tempat peristirahatan Attila, tetapi perlu mengkonfirmasi untuk analisis lebih lanjutnya," tambahnya.

Penemuan situs ini juga bisa membawa banyak klarifikasi mengenal asal-usul dan identitas Attila dan orang-orang Hun yang telah menjadi perdebatan selama berabad-abad.

Potongan tembikar dan perhiasan yang ditemukan dalam situs tersebut juga membawa kecerahan untuk mengetahui jaringan perdagangan pada masa itu.

(ul)

 


**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.