Sukses

Alasan Mengapa Banyak Orang Vietnam yang Menggunakan Nama Nguyen

Jumlah itu lebih besar dibandingkan dengan nama Muhammad atau Ahmad di Indonesia, serta Kim di Korea, dan Smith di Australia.

Liputan6.com, Jakarta Bagi orang yang pernah mengunjungi Vietnam, atau mereka yang akrab dengan budaya Vietnam, tentu akan mengenal orang-orang Vietnam yang memiliki nama Nguyen. Padahal mereka tidak mempunyai ikatan keluarga satu sama lain.

Dilansir dari laman Nextshark.com, dua dari lima orang di Vietnam ternyata bernama Nguyen. Jumlah itu lebih besar dibandingkan dengan nama Muhammad atau Ahmad di Indonesia, serta Kim di Korea, dan Smith di Australia.

Orang Vietnam mulai gemar menamai anak mereka dengan nama Nguyen, ditengarai sejak tahun 1802. Ketika itu Dinasti Nguyen berhasil mengambil alih kekuasaan dari Dinasti Mac. Dinasti Nguyen gemar mengeksekusi mati siapa saja yang masih berkaitan dengan Dinasti Mac.

Sebagian besar warga Vietnam yang ketakutan memilih untuk mengubah nama keluarga mereka dengan nama Nguyen. Tidak hanya itu, selama rezim baru berkuasa, banyak penjahat yang juga mengubah nama mereka dengan Nguyen agar terhindar dari eksekusi. Konon jika orang bernama Nguyen maka hidupnya akan terbebas dari gangguan dan penganiayaan.

Dinas Kependudukan Vietnam mencatat, saat ini ada sekitar 38 juta orang mempunyai nama Nguyen. Mereka menonjol di semua bidang kehidupan seperti politik, olahraga, entertain, dan militer. Perdana Menteri Vietnam saat ini juga bernama Nguyen Xuan Phuc yang terpilih menggantikan Nguyen Tan Dung pada tahun 2006-2016.

(War)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini