Sukses

Programmer Termuda di Dunia, Usianya Baru 7 Tahun

Bocah ini dijuluki programmer termuda di dunia karena kejeniusannya. Siapa dia?

Liputan6.com, Jakarta Usianya mungkin terbilang masih muda, namun bocah yang satu ini telah memiliki sertifikat yang membuatnya memenuhi syarat menjadi programmer termuda di dunia. Hm, siapa dia?

Muhammad Hamza Shahzad, telah memiliki sertifikat yang membolehkannya meninggalkan sekolah dasar dan mendapatkan pekerjaan yang menguntungkan di bidang IT, dalam usia tujuh tahun. Tidak mengherankan, gurunya di sekolah justru akan bertanya padanya ketika mereka memiliki masalah komputer dan pertanyaan lainnya.

"Saya ingin menjadi Bill Gates berikutnya," tutur Hamza seperti dilansir dari Metro, Sabtu (10/09/2016).

Hamza belajar langsung dari ayahnya, Asim. Asim sendiri merupakan karyawan di salah satu perusahaan IT elit, US Cyber Royal. Ayah Hamza menyebut anaknya sebagai anak ajaib di abad ke-21 karena kemampuannya.

"Di sekolah, ia menetapkan standar sendiri. Kami mencoba mengajarinya agar ia bermanfaat untuk banyak orang," tutur Asim.

Ia dan istrinya menyadari, industri IT tempat mereka bergantung hidup membuat mereka tanpa sengaja melahirkan bocah jenius. Satu keluarga ini baru saja pindah ke Birmingham dari Croydon. Mereka masih mencari sekolah yang cocok untuk anak mereka.

-

Hamza kini menjadi tim termuda di Microsoft Office Professional. Untuk menjadi bagian di tim tersebut, butuh 700 poin agar mendapatkan sertifikat kelayakan. Sementara Hamza yang telah mempersiapkan dirinya enam bulan sebelum ujian, mendapatkan poin 757.

Tiga ujian Microsoft lainnya telah ia ikuti. Dari semua yang ia pelajari, Hamza paling mahir di Software Development Fundamentals, MS Word, MS Power Point, dan MS Excel.

"Ia dapat dengan mudah membuat Web App dan mengembangkan keranjang belanja aplikasi dasar sendiri," ujar juru bicara Microsoft.

"Ia bisa menjelaskan tentang heap, stack, memory management, data structures, lebih baik dari seorang programmer berpengalaman."

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini