Sukses

Hal-Hal yang Harus Kamu Ketahui saat Menjadi Panitia Kurban

Pertama, tentang teknik sembelih hewan kurban:

Liputan6.com, Jakarta Ada hikmahnya pula menjadi Panitia Ied Qurban 2016 di Mesjid Nurul Falah RW II, Kel. Sukawarna, Kec. Sukajadi, Kota Bandung, Senin pagi (12/9/2016) hingga sore ini. Berikut dua poin utamanya:
 
Pertama, tentang teknik sembelih hewan kurban:
 
- Baik sapi/domba, tarik erat kaki kirinya (depan belakang) ke arah dalam sehingga menghadap kiblat. Domba cukup dua pria dewasa tarik pakai tangan lalu ikat kuat simpul atas-bawah. Satu pegang tanduk dengan posisi kepala dimiringkan ke atas, jadi bagian mulut serong ke atas sementara tanduk kiri tekan ke bawah. Lehernya dalam posisi mudah disembelih.
 
- Sapi gunakan tambang dan tarik lebih dari tenaga tarik tambang karena tenaganya dahsyat. Sapi juga harus ada yang pegang kuat buntut, jatuhkan kaki dan buntut dalam satu komando. Oh iya, posisi kepala sedari awal ikat melalui lubang hidung ke pijakan besi kuat. Jika domba bisa dua/tiga pria dewasa, sapi sedikitnya enam orang, dan bisa sepuluh orang jika berbobot besar dan kuat.
 
- Jika jadi panitia penyembelihan, harus siap terkena ingus maupun daerah memancar dari hewannya. Maka itu, si tukang sembelih tadi sering berbisik ke hewannya, "Atos kasep ayeuna, atos gagah ku kurban. Sing ikhlas nya, kasep ayeuna mah (Sudah ganteng sekarang dengan jadi hewan kurban. Yang ikhlas ya, sudah ganteng sekarang - red)"
 
- Tak kuat lihat darah? Gemakan keras-keras takbir, baik sebelum mulai, atau ketika proses ijab dari qooribun kepada amil.
 
Kedua, urusan distribusi hewan:
 
- Berikan sekalipun pada tetangga kita nonmuslim. Dan mereka pada mau menerima. Ini hal tergampang konsep Islam Rahmatin Lil Aalamiin.
 
- Berikan mengacu berdasarkan jumlah kartu keluarga (KK), dalam satu rumah, ada yang dua/tiga/bahkan empat KK. 
 
- Distribusi ini tak bisa beres sehari, ada beberapa tetangga yang bepergian dan atau sedang istirahat. Jadi siapkan kulkas untuk simpan, kelak bisa dibagikan lagi. Bagaimana? Seru bukan?! Selamat Ied Qurban 1437 H!
 
Penulis:
 
Muhammad Sufyan Abdurrahman
 
Warga RW II/Sekretaris RT V Sarijadi, Kelurahan Sukawarna Kecamatan Sukajadi, Kota Bandung.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini