Sukses

Perjuangan dan Pola Pikir Hebat Orang-Orang Sogo

Orang-orang Sogo, rata-rata menderita cacat permanen seperti tunanetra, tunarungu, tunawicara, dan lain sebagainya. Namun

Liputan6.com, Jakarta Sebutan manusia Sogo lahir bukan dari jenis suku atau etnis tertentu, melainkan sekumplan orang-orang yang mencari nafkah di depan salah satu pusat perbelanjaan di Kuala Lumpur, Malaysia. Manusia Sogo, begitu sebutannya baru-baru ini menghiasi halaman utama media online di Malaysia.

Dilansir mynewshub.cc, manusia Sogo memunyai pola pikir yang menarik dan layak diteladani. Mereka dikenal pantang menyerah meski hidup kurang berpihak pada mereka. Orang-orang Sogo, rata-rata menderita cacat permanen seperti tunanetra, tunarungu, tunawicara, dan lain sebagainya. Namun mereka tetap menjaga semangat untuk hidup.

Prinsip mereka sederhana, "Hanya manusia yang malang yang tidak mau berjuang. Orang yang kalah adalah orang yang membiarkan dirinya tenggelam dalam kehidupan."

Salah satu yang memegang prinsip semacam itu adalah sekumpulan orang-orang Sogo yang tergabung dalam kelompok musik Buskers. Saben Minggu, mereka rutin bernyanyi dan memainkan alat musik dengan apik. Orang-orang yang terkesima, tak akan berat hati menyisihkan beberapa lembar uang sebagai rasa terimakasih telah dihibur Orang-orang Sogo.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

selanjutnya

"Semuanya tidak bisa melihat. Tuhan tidak memberikan semuanya. Tapi memurahkan keajaiban dalam diri mereka," tulis media itu.

Mereka menganggap, gelap bukanlah kendala untuk kalah. Orang-orang Sogo meyakini bahwa dunia tidak akan berhenti sesuka hati. "Dunia hanya berhenti pada orang yang lemah yang semangat sudah mati," lanjutnya.

"Bagi yang melihat hidup sebagai satu perjuangan, dunia adalah pertandingan melawan kelemahan dan kekalahan."

Menariknya, selain mempunyai pemikiran-pemikiran yang optimis, Orang-orang Sogo, juga lihai memainkan musik-musik pop dan aneka kesenian. Mereka datang untuk menginspirasi satu sama lain.

Lalu bagaimana bisa, orang yang mengalami serba keterbatasan punya cara pandang yang indah terhadap dunia. Itulah istimewanya Orang-orang Sogo.

(War)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini