Sukses

Tips Umur Panjang Mbah Gotho, Manusia Tertua di Dunia

Mbah Gotho dari Sragen makin mendunia karena usianya yang mencapai 146 tahun.

Liputan6.com, Jakarta Banyak orang berburu rahasia bagaimana agar bisa berumur panjang. Sejak berabad lalu, manusia telah mempraktekkan beberapa cara untuk bisa menunda kematian. Salah satu caranya adalah dengan mengkonsumsi makanan sehat dan cukup berolahraga.

Banyak orang yang sukses berumur panjang mempunyai tips yang cukup unik. Misalnya Emma Morano dari Verbania, Italia. Perempua yang berusia 116 tahun itu mempunyai kebiasaan mengkonsumsi telur setiap hari. Namun bukan itu saja rahasia hidup panjangnya. Emma sejak bercerai dengan suaminya saat usia 38 tahun, ia melajang. Perempuan ini tak ingin didominasi oleh siapapun.

Berbeda dengan Emma, Grace Jones dari Inggris yang baru saja merayakan ulang tahunnya ke-100 mempunyai tips yang lain lagi. Perempuan yang masih tetap fit ini mempunyai kebiasaan unik yakni minum whyski setiap malam. Dan ia mengaku, kebiasaan unik ini yang menjadikan dirinya tetap sehat dan panjang umur.

Bagaimana dengan Mbah Gotho dari di Dusun Segeran, Desa Cemeng, Kecamatan Sambungmacan, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah ini  yang makin mendunia ini.

Laki-laki yang kini telah mencapai 146 tahun ini sampai sekarang masih tampak sehat dan fit. Laki-laki yang bernama asli Sodimejo ini masih mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan dengan baik, Ia pun masih beraktivitas layaknya orang sehat seperti mandi dan merokok secara teratur.

Pendengarannya pun masih baik, setiap berangkat tidur laki-laki yang lahir pada 31 Desember 1870 ini harus mendengarkan lagu-lagu jawa atau gendhing jawa sebagai pengantar tidurnya.

Ingatannya juga masih tajam. Ia mengaku mempunyai delapan istri. Ia pun masih fasih menceritakan masa bocahnya ketika melihat proses pembangunan pabrik gula Gondang.

Apa rahasia panjang umurnya? Menurut mbah Gotho, untuk bisa mencapai usia setua dirinya, ia memounyai ilmu yang bisa membuatnya ceria dan tertawa. Selain itu ia mengaku sampai hari ini ia tak pernah menyakiti atau memukul anak dan istrinya.

Ia pun menambahkan, selain selalu ceria, hidup harus selalu sabar dan ikhlas dalam menghadapi setiap masalah sehari-hari.

Tips yang mudah diucapkan namun prakteknya perlu terus belajar sampai akhir hayat. Bagaimana mau mencoba?

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini