Sukses

Ngeri, Ulat Ini Kecil Tapi Bisa Membunuh Orang dalam Sekejap

Ulat ini dapat membunuhmu dalam sekejap. Ulat jenis apa?

Liputan6.com, Jakarta - Pernah mendengar seseorang yang meninggal karena ulat? Yah, kasus tersebut memang jarang terjadi. Jumlah kasus kematian karena ulat paling hanya sekitar 500 kasus. Namun, memang ada jenis ulat bulu yang dapat membunuh manusia.

Ulat tersebut yakni Lonomia obliqua atau the Giant Silkworm Moth. Jenis ulat ini banyak ditemukan di daerah Afrika Selatan.

Melansir dari Buzzflare, Kamis (22/09/2016), ngengat jenis ini sebenarnya tidak berbahaya. Tapi sewaktu masih berwujud ulat, binatang ini dapat menyebabkan kematian. Tidak heran kalau hewan ini dijuluki 'ulat pembunuh.'

Tubuh ulat ini ditutupi oleh duri dan bulu yang bentuknya serupa jarum. Gunanya? Untuk menginjeksikan racun langsung ke dalam tubuh korban.

- 

Menurut para ahli yang telah meneliti jenis ulat ini, meski ukurannya kecil, namun racun yang diproduksi ulat ini dapat membunuh. Racun ulat ini mengandung agen anti-pembekuan. Saat masuk ke dalam tubuh korban, racun ini menyebabkan pendarahan di dalam tubuh dan kematian.

Untungnya, jumlah racun yang dibutuhkan untuk membunuh korban haruslah dalam jumlah yang cukup banyak. Dengan kata lain, kamu mungkin tidak perlu khawatir terkena sedikit racun ulat ini.

Lain cerita kalau kamu menyentuh ulat ini disarang mereka yang penuh ulat. Selain itu, meski telah ditemukan anti-racun untuk penyembuhan, kamu cuma bisa mendapatkannya di Brasil.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini