Sukses

Fenomena Langka, di Bendungan Ini, Air Justru Mengalir ke Atas

Unik. Di sebuah bendungan, air justru mengalir ke atas. Bagaimana ceritanya?

Liputan6.com, Jakarta - Bendungan atau dam adalah konstruksi yang dibangun untuk menahan laju air menjadi waduk, danau, atau tempat rekreasi. Seringkali bendungan juga digunakan untuk mengalirkan air ke sebuah Pembangkit Listrik Tenaga Air.

Pernah gak sih terbayang jika kita hidup tanpa gravitasi? Percayalah, seorang turis yang berkunjung ke bendungan Hoover membuktikan betapa kuatnya angin yang berhembus ke atas dengan sebuah eksperimen sederhana, yang seakan-akan di daerah tersebut tidak terdapat gravitasi.

Leslie Hutchings berdiri di puncak tembok bendungan dan bermaksud menuangkan air isi botolnya. Video yg ia unggah awalnya hanya ia posting ke akun Instagramnya, tampak air dari botol tidak mengalir ke bawah melainkan ke atas.

"Konstruksi bendungan menciptakan aliran udara ke atas yang memungkinkan air untuk bisa mengalahkan gravitasi. Jadi bukannya mengalir ke bawah, air justru mengalir ke atas terbawa oleh angin," ujar Leslie pada akun Youtube-nya. Sejak diunggah ke kanal video Youtube, lebih dari 1,7 juta orang telah menontonnya.

Selengkapnya, baca langsung di sini

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini