Sukses

Fenomena Aneh, Gua Misterius Ini Hasilkan Es pada Musim Panas

Aneh tapi nyata, sebuah gua misterius justru menghasilkan es pada saat musim panas sedang berlangsung.

Liputan6.com, Jakarta - Sekitar enam kilometer sebelah timur dari Coudersport, di kota Potter County, terdapat anomali geologi yang paling membingungkan. Di sebuah gua kecil, terdapat lapisan es. Yang membuatnya berbeda, es ini tercipta bukannya pada musim dingin melainkan pada musim panas.

Tambang Es Coudersport merupakan salah satu dari banyaknya gua es yang ditambang. Es di gua ini, tercipta selama musim panas. Es mulai terbentuk di musim semi lalu mengeras di musim panas.

Sebaliknya, saat musim dingin tiba dan salju serta es di mana-mana, es di gua ini justru mencair. Lalu, apa yang menyebabkan fenomena aneh itu terjadi?

Menurut beberapa teori yang dicetuskan para ahli, sebelum musim panas tiba, udara dingin masuk ke jantung gunung lewat celah-celah bebatuan. Lalu udara itu meresap dengan air tanah. Selanjutnya, saat musim panas tiba, ketika jumlah air tanah melimpah, es pun terbentuk.

Sementara pada musim dingin, udara yang masuk dari pegunungan, malah mendorong keluar udara hangat yang terperangkap di bebatuan saat musim panas. Saat melewati gua es, udara hangat itu pun melelehkan es yang ada.

- 

Tambang ajaib itu ditemukan pada tahun 1894 oleh seorang pencari perak bernama John Dodd. Fenomena alam misterius itu pun membuatnya bingung. Lalu pria itu pun melakukan beberapa eksperimen.

Dilansir dari Amusing Planet, Minggu (25/09/2016), John pun membuat lubang di lereng bukit. Dari celah-celah itulah, ia dan masyarakat sekitarnya menambang es yang terbentuk pada musim panas. Kini, tambang itu sengaja ditutup untuk menjaga kelangsungannya.

Pengunjung mungkin tidak diperbolehkan masuk ke dalamnya. Tapi Anda masih bisa merasakan hawa dingin di musim panas jika bersandar di dekat papan kayu yang menutupi gua misterius itu. Hm, menarik juga ya?

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.