Sukses

Bayi yang Lahir dengan 31 Jari Akhirnya Jalani Operasi

31 jari Yuanyuan tidak simetris, sehingga tim medis akan membentuk ulang.

Liputan6.com, Tiongkok - Masih ingat dengan kisah bayi dari Tiongkok yang lahir dengan memiliki 15 jari tangan dan 16 jari kaki? Kini seorang bayi asal Ningbo, Tiongkok yang bernasib sama akan menjalani operasi untuk mengangkat jari berlebihnya itu.

Dilansir Mynewshub, Sabtu (24/9/2016), secara keseluruhan bayi berusia enam bulan itu memiliki 31 jari tanpa ibu jari pada tangan dan kakinya. Semua jarinya tidak simetris, sehingga tim medis akan membentuk ulang.

Para dokter kini tengah berupaya melakukan operasi dalam tiga tahap untuk membuang jari berlebihnya dan membentuk jari bayi bernama Yuanyuan itu.

Ibu sang bayi mengatakan jika proses operasi diperkirakan memakan waktu yang panjang dan pemulihan yang lama.

dok: mynewshub.cc

Karena biaya perawatan yang terlalu mahal, rumah sakit yang menangani Yuanyuan akhirnya membantu untuk meringankan biaya operasinya.

Yuanyuan juga diharapkan cepat pulih sebelum ia semakin besar dan mulai bersekolah.

Sebelumnya, ini bukan kasus pertama di Tiongkok. Seorang bayi bernama Hong hong juga bernasib serupa karena lahir dengan 15 jari tangan dan 16 jari pada kakinya.

Menurut ilmu medis, bayi mungil itu mengalami kelainan fisik langka yang disebut polydactyly. Istilah ini mengacu pada anomali fisik bawaan yang dapat terjadi pada manusia, anjing dan kucing.

Mereka yang mengalami kondisi ini akan memiliki jumlah lebih banyak pada jari tangan dan kaki. Namun anehnya, yang dialami Yuanyuan dan Hong Hong justru tidak memiliki jari jempol pada tangan dan kakinya. 

(ul)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini