Sukses

Perangko Ini Pecahkan Rekor Antar Pesan ke Luar Angkasa

Menempuh jarak ratusan juta kilometer, perangko ini berhasil mengantarkan pesan manusia.

Liputan6.com, Jakarta Sebuah perangko yang diterbitkan US Postal Service telah menempuh perjalanan terjauh sepanjang sejarah manusia.

Perangko ini menjadi satu dari sembilan perangko lainnya yang mengantarkan pesan manusia ke berbagai planet dan benda langit.

Dikutip dari laman Guinness World Records, perangko ini menempuh jarak 5,250,843,896 kilometer dari Bumi untuk ditempelkan pada stasiun luar angkasa NASA New Horizons.

Mencapai Pluto adalah pencapaian terbesar dari perangko US Postal Service, setelah sebelumnya pada 1991 diluncurkan proyek pengiriman perangko ke luar angkasa. Sembilan perangko menjadi benda yang disertakan di sembilan wahana angkasa menuju planet dan benda langit. Namun, tidak ada yang berhasil sampai tujuannya.

Bila ditempelkan di surat dan mengantarkan pesan di planet Bumi, ia telah melakukan 131 kali keliling Bumi, kata Jimmy Coggins selaku juri yang mengesahkan predikat "Farthest distance travelled by a postage stamp".

Perjalanan sejauh itu, ditempuh dengan pesawat ruang angkasa New Horizons diluncurkan dari Cape Canaveral, Florida, Amerika Serikat, pada 19 Januari 2006 dan tiba di Pluto pada 14 Juli 2015. Simak kelanjutan artikel dengan mengeklik tautan berikut ini.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya yang sedang populer: Di Itali, Masturbasi di Ruang Publik Bukanlah Kejahatan. Yuk, berbagi di Forum Liputan6.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.