Sukses

Waspada, 7 Modus Pencopetan Terbaru dan Cara Menangkalnya

Beberapa modus pencopetan terbaru ini mesti Anda ketahui beserta cara pencegahannya. Apa saja?

Liputan6.com, Jakarta - Ada-ada saja cara pencopet beraksi untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan. Semakin hari, cara yang digunakan semakin beragam dan semakin pintar.

Ada enam modus copet terbaru yang digunakan dilansir dari Daily Mail. Hindari keenam modus tersebut dan perhatikan langkah pencegahannya.

1. Barang jatuh di ekskalator

Pencopet model ini biasa berkeliaran di pusat perbelanjaan. Biasanya, mereka bekerja setidaknya berdua. Satu orang akan berada di depan target, sementara temannya berdiri di belakang korban.

Pencopet yang di depan akan menjatuhkan barangnya saat berada di ujung ekskalator. Korban yang terdistraksi tak menyadari teman pencopet yang mengambil barangnya dari belakang.

Lalu bagaimana cara menangkalnya? Gunakan saku bagian dalam kemeja atau jaket yang Anda miliki.

2. Tanya alamat di jalan/taman

Para pencopet juga sering bergerak di taman-taman maupun jalanan. Saat melihat korban, pencopet yang berjumlah lebih dari dua orang akan mendekati targetnya.

Satu orang akan berpura-pura tanya alamat sambil mengalihkan perhatian korban. Sementara temannya akan mengambil barang yang diletakkan oleh korban di dekatnya.

Untuk menangkalnya, selalu letakkan barang atau tas di hadapan Anda serta kaitkan talinya ke tangan.

3. Tukang intip di ATM

ATM juga sering menjadi incaran para pencopet untuk beraksi. Biasanya, saat korban tengah bertransaksi, satu orang akan berada di belakang korban untuk menghapal nomor PIN yang dipakai korban.

Ia kemudian akan menjatuhkan uang untuk mengalihkan perhatian korban saat uang dan kartu ATM korban masih berada di mesin. Saat korban teralihkan dengan uang yang jatuh, teman korban akan mengambil kartu tersebut.

Cara mengakalinya? Selalu tutupi dengan tas ataupun dompet saat Anda sedang memasukkan nomor PIN. Dan jangan pernah lepas pengawasan dari orang lain.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mencopet di jalanan yang ramai

4. Mencopet di jalanan yang ramai

Pencopet juga melancarkan aksinya di jalan yang sibuk dan ramai. Adakalanya, mereka dengan lihai mengambil barang berharga korban yang sedang bingung atau menunggu kendaraan. Caranya? Menutupi tangan mereka dengan koran atau benda lainnya.

Selain itu, pencopet juga tak segan mengambil barang berharga yang Anda letakkan di tas bagian belakang. Pencopet akan membuka risleting secara perlahan sambil mengekori target. Setelah tas terbuka, ia akan mengambil barang berharga tersebut dan mengopernya ke temannya.

Untuk menghindari kejadian yang demikian, selalu awas saat Anda sedang menunggu kendaraan maupun tengah mencari alamat. Selain itu, selalu letakkan tas di bagian depan atau jepit di ketiak Anda.

5. Mencopet di kafe dan restoran

Siapa bilang pencopet tak bisa beraksi di kafe atau restoran? Adakalanya, mereka nekat beraksi di tempat-tempat tersebut. Caranya, mereka mengalihkan perhatian korban dan menutupi barang yang diincar dengan koran, buku, atau majalah.

Cara menghindarinya, sudah pasti dengan tetap menjaga barang berharga dalam jangkauan Anda.

6. Minta tolong diambilkan foto

Bukan bermaksud berpikiran buruk pada semua orang. Namun, pencopet juga dapat beraksi dengan cara berpura-pura minta tolong diambilkan foto. Saat korban mengiyakan dan meletakkan tasnya, saat itulah teman pencopet akan mengambil tas target.

Hindari hal tersebut dengan tetap memegang ataupun menjepit dengan kaki tas yang Anda punya. Jangan letakkan di bawah atau jauh dari jangkauan Anda.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini